Pelatihan Instalasi Listrik Menggunakan Saklar Pintar Pada Konsentrasi Keahlian Elektronika Industri Sekolah Menengah Kejuruan

Pramudita Budiastuti, Rendra Ananta Prima Hardiyanta, Moch Yordan Rismarinandyo, Eko Swi Damarwan, Rio Tirta Sudarma

Abstract


Perkembangan industri kelistrikan yang pesat tidak sejalan dengan pembelajaran dan pemenuhan kompetensi yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Media pembelajaran yang digunakan untuk praktik instalasi listrik rumah tinggal masih mempelajari teori dan praktik yang mempelajari saklar manual. Bahan ajar yang mempelajari saklar manual di SMK masih sangat jauh dari kebaharuan jika dibandingkan dengan perkembangan industri kelistrikan modern saat ini. Selain itu motivasi pembelajaran praktik instalasi listrik menurun, siswa kurang fokus terhadap pembelajaran akibat dari kurangnya kontrol diri/self-management dalam penggunaan gadget saat pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pengabdian adalah untuk meningkatkan kompetensi teori dan praktik tentang saklar pintar siswa SMK dan meningkatkan kontrol diri siswa terhadap penggunaan gadget saat proses pembelajaran. Metode pengabdian yaitu pembuatan trainer saklar pintar, pelatihan, serta keberdayaan mitra, kegiatan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan pengukuran peningkatan keberdayaan mitra. Hasil dan dampak yaitu pengetahuan dan keterampilan modul MCB 90,50%, modul saklar tunggal 91%, modul WIFI smart switch 80,50%, modul key tag 81%, modul photocell 80,50%, modul sensor gerak 62,50%, dan modul dimmer 81%. Trainer saklar pintar dari segi estetika memiliki nilai sebesar 85%, desain tata letak 78%, kandungan kognisi 70%, dan kemudahan navigasi 88%. Selain itu, pelatihan membawa dampak perubahan 70%, kemudahan materi 90%, serta kualitas materi pelatihan 89%.


Keywords


Elektronika industri; Pembelajaran; Saklar pintar; Self-management skills; Trainer;

Full Text:

PDF

References


S. Rosadi, M., & Amar, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Listrik di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan,” J. Kaji. Ekon. Dan Pembang., vol. 1, no. 2, pp. 273–286, 2019.

E. R. Ahdan, S., & Susanto, “Implementasi Dashboard Smart Energy Untuk Pengontrolan Rumah Pintar Pada Perangkat Bergerak Berbasis Internet Of Things,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, pp. 26–31, 2021.

T. Setiawan, “Perancangan Dan Pembuatan Prototipe Saklar Dengan Modul Timer Otomatis Menggunakan 3D Print.,” uii.ac.id, 2022.

N. S. Perdana, “Analisis Permintaan Dan Penawaran Lulusan SMK Dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 9, no. 2, 2019.

R. Pujiati, P and Fanni Rahmawati, Fanni and Rahmawati, “Pentingnya E-Module Pembelajaran Peserta Didik Di Era Revolusi Industri 4.0.,” 2nd Proceeding Annu. Natl. Conf. Econ. Econ. Educ. Res., pp. 81–87, 2019.

M. Zulfa, N., & Mujazi, “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa,” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesis). vol. 7, no. 574, pp. 10–29210, 2022.

C. Nur’Aini, D., & Nikmah, “Pengaruh Penguasaan Teknologi Informasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 5, no. 2, pp. 259–266, 2020.

A. R. Mulyatno, M., Pujitresnani, A., Legowo, D. K., Firman, A., & Mahendra, “Pemberdayaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pelatihan Pengenalan Machine Learning,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 1, no. 11, pp. 2899–2904, 2024.

N. S. Menrisal, M., Yunus, Y., & Rahmadini, “Perancangan dan Pembuatan Modul Pembelajaran Elektronik Berbasis Project Based Learning Mata Pelajaran Simulasi Digital SMKN 8 Padang,” J. Koul., vol. 2, no. 1, pp. 1–16, 2019.

P. Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, “Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 2184–2194, 2023.

G. Liang, H. Hong, W. Xie, and L. Zheng, “Combining Convolutional Neural Network With Recursive Neural Network for Blood Cell Image Classification,” IEEE Access, vol. 6, pp. 36188–36197, 2018.

G. Carbonnier, M. Carton, and K. King, Education, Learning, Training: Critical Issues for Development. Brill, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pramudita Budiastuti, Rendra Ananta Prima Hardiyanta, Moch Yordan Rismarinandyo, Eko Swi Damarwan, Rio Tirta Sudarma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License