Workshop Media Pembelajaran XR untuk Guru SRIT Jepang

Tri Kuat, Purnawan Purnawan, Herman Herman

Abstract


Pengabdian Masyarak at sudah dilaksanakan di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang terletak di Meguro Jepang. Permasalahan yang dihadapi adalah tentang memanfaatkan media pembelajaran digital dan pembelajaran kreatif. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan guru tentang pembelajaran kreatif serta mampu mengimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar dan meningkatnya ketrampilan guru dalam membuat media pembelajaran dengan teknologi XR. Untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan memberi informasi kepada guru bagaimana melaksanakan kegiatan pembelajaran kreatif. Kegiatan pelatihan berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan teknologi XR. Kegiatan pendampingan berupa mendampingi implementasi pembelajaran kreatif dan pembuatan media pembelajaran dengan teknologi XR. Peran serta AUM adalah mengkomunikasikan ke Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).Target
luaran dari kegiatan PPM ini adalah satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui proceeding yang ber ISBN, satu artikel yang diterbitkan Koran Kedaulatan Rakyat online, Video penyampaian materi pembelajaran kreatif dan cara membuat media pembelajaran dengan teknologi XR yang diunggah di youtube LPPM UAD, juga peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra. Adapun keterkaitan dengan AIK adalah setiap kegiatan diawali dengan membaca doa.


Keywords


media pembelajaran XR, pembelajaran kreatif, pelatihan

Full Text:

PDF

References


A. Ramli, “Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media

Pembelajaran”, Lantanida Journal, Vol. 4 No.1, 2016

F. Yani, S. Nana, Z. S. Mia, “Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran

Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar”, J. Kependidikan, vol 7, No.

: Maret 2021

N. Wan, “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran”, Lentera,

J. Diklat Keagamaan Padang. Vol. 5, No. 1, 2020.

urjanah, dkk. “Pelatihan Media Digital Whiteboard Animation pada Guru PAUD

dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0” Jurnal Pengabdian Masyarakat

Humanism, Vol. 3 No. 2, 2022.

N. Rini, Z. H. Syaiful, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata

Pelajaran Sistem Komputer di SMK”, J. Universitas Labuhanbatu, vol. 8 No. 1,

R. A. Dzulfiqar, Sutama, Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah

Menengah dalam Pendemi Covid-19”, Journal of Informatics and Vocational

Education, Vol. 3, No.2, 2020

S. Panut, R. Intan, “Kreatoivitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di Kelas

V Sekolah Dasar”, J. Gentala Pendidikan Dasar, Vol. 2 No. 2, 2017.

Somba, Saraswati, “Pelatihan Metode Pembelajaran MASAK (Mudah, Asyik, Santai,

Aktif, Kreatif) terhadap Penguasaan Kosakata dan Mendengarkan Bahasa

Inggris Guru PAUD RA Bintang Sembilan Cipayung Depok”, Jurnal PkM

Pengabdian kepada Masyarakat. ISSN: 2614-574X, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tri Kuat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License