Pelatihan Peningkatan Kesejahteraan Guru di Mts Muhammadiyah Monggol, Mojosari, Monggol, Saptosari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Kondisi pendidikan saat ini menghadapi tantangan yang berat dalam meningkatkan kesejahteraan guru, terlebih lagi pada sekolah swasta yang memiliki letak geografi yang kurang menguntungkan pada daerah pegunungan. Kesejahteraan guru perlu dipacu agar mereka mampu menyelenggarakan pendidikan dengan baik. Saat ini masih banyak hambatan dalam optimalisasi meningkatkan kesejahteraan guru untuk berkiprah agar dapat menciptakan generasi pemimpin yang kreatif dan inovatif. Beberapa diantaranya adalah Gaji yang masih kecil jauh dibawah UMR. Sebelum mengajar dan sesudah mengajar harus cari hasil tambahan agar dapat mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Guru pengajar pada sekolah ini masih banyak yang gajinya honorer. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan wawasan dan memberikan semangat baru dalam mengembangkan sebuah usaha yang mampu menciptakan usaha melahirkan warga sekolah yang kreatif dan inovatif agar guru di skeolah memperoleh kesejahteraan. Tahapan PKM yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah pertama, melakukan sosialisasi mengenai manajemen manajemen usaha sekolah melalui perencanaan usaha; kedua, Kepemimpinan usaha sekolah dan ketiga: pelatihan pembuatan produk yang higenis. Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini mempunyai dua target yaitu mitra PKM dapat melakukan usaha sekolah untuk meningkatkan kemampuan kesejahteraan sekolah melalui manajemen usaha sekolah. Hasil dari pengabdian yang telah dilakukan adalah bertambahnya pemahaman guru-guru terkait dengan manajemen usaha sekolah, dan higienitas lingkungan sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Supardan, H. D. (H). (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 271653. https://www.neliti.com/publications/271653/
Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sukirman Sukirman, Hani Irawati, Achadi Budi Santosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License