Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Aplikasi Perkantoran di Sekolah Dasar Unggulan Muhammadiyah Kretek
Abstract
Dalam pengelolaan pendidikan dan mutu pendidikan harus menjadi prioritas utama, dan hal ini tidak lepas dari konsep manajemen kinerja. Namun pada kondisi yang ditemui di lingkungan mitra, sebagian besar guru mengalami kendala dalam memanfaatkan teknologi. Melalui kegiatan Pelatihan dan Pendampingan oleh dosen dari Informatika UAD memberikan pelatihan kepada bapak/ibu Guru di Sekolah Dasar Unggulan(SDU) Muhammadiyah Kretek mengenai bagaimana mengelola berkas secara berkolaborasi dan mengatur jadwal pekerjaan seperti rapat, seminar, diseminasi dan jadwal pengajaran menggunakan teknologi. Metode pelatihan dengan penyampaian materi dan workshop seperti Google Drive, Google Kalender, dan Spreadsheet. Materi dilanjutkan dengan membahas cara membuat soal yang menarik dan interaktif bagi anak menggunakan aplikasi Kahoot sehingga anak lebih semangat belajar dan mengerjakan soal. Setelah materi diberikan guru langsung diberikan tugas untuk mempraktekkan materi tersebut. Dari pelatihan yang diberikan, peserta telah berhasil mengolah berbagai pembagian berkas media ajar menggunakan aplikasi perkantoran melalui komputer dan memeriksanya dalam perangkat telepon pintar. Melalui pemberian modul pelatihan, pemaparan materi dan sesi tanya jawab secara intensif saat latihan mandiri lewat pengerahan kerja seluruh tim Pengabdian, peserta dapat mendemonstrasikan keterampilan penggunaan ketiga aplikasi di atas. Lebih dari 90% peserta merasakan manfaat berupa penambahan pengetahuan dalan penggunaan aplikasi perkantoran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bhroin, Ó. N. and King, F. (2019) ‘Teacher education for inclusive education: a framework fordeveloping collaboration for the inclusion of students withsupport plans’, European Journal of Teacher Education, 43(1), pp. 38–63. doi: 10.1080/02619768.2019.1691993.
DA ATP, Rosmiati R, Tunnisa K, Maratuttahirah M, Rahman R, Pusung NI, et al. Utilization of Google Workspace as a Productivity and Collaborative tool in supporting Active, Innovative, and Creative Learning at SMAN 3 Parepare. ABDIMAS [Internet]. 2023 Apr. 30;6(2):3361-6.
Haleem, A. et al. (2022) ‘Understanding the role of digital technologies in education: A review’, Sustainable Operations and Computers, 3, pp. 275–285. doi: 10.1016/j.susoc.2022.05.004.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866
Krane, V. and Klevan, T. (2019) ‘There are three of us: parents’ experiences of the importance of teacher-student relationships and parental involvement in upper secondary school’, International Journal of Adolescence and Youth, 24(1), pp. 74–84. doi: 10.1080/02673843.2018.1464482.
Leenders, H. et al. (2019) ‘Building strong parent–teacher relationships in primary education: the challenge of two-way communication’, Cambridge Journal of Education, 49(4), pp. 519–533. doi: 10.1080/0305764X.2019.1566442.
Ronfeldt, M. et al. (2015) ‘Teacher Collaboration in Instructional Teams and Student Achievement’, American Educational Research Journal, 52(3), pp. 475–514. doi: 10.3102/0002831215585562.
Szymkowiak, A. et al. (2021) ‘Information technology and Gen Z: The role of teachers, the internet, and technology in the education of young people’, Technology in Society, 65, p. 101565. doi: 10.1016/j.techsoc.2021.101565.
Vangrieken, K. et al. (2015) ‘Teacher collaboration: A systematic review’, Educational Research Review, 15, pp. 17–40. doi: 10.1016/j.edurev.2015.04.002.
Yulianti, K. et al. (2020) ‘School efforts to promote parental involvement: the contributions of school leaders and teachers’, Educational Studies, 48(1), pp. 98–113. doi: 10.1080/03055698.2020.1740978.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dinan Yulianto, miftahurrahma rosyda, Faisal Fajri Rahani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License