Peningkatan literasi digital guru sd muhammadiyah miliran dalam pengembangan dan pemanfaatan game edukasi untuk pembelajaran

Wahyu Pujiyono, Siwi Purwanti, Ragil Dian Purnama Putri, Bambang Robi’in

Abstract


SD Muhammadiyah Miliran merupakan Sekolah Dasar Muhammadiyah yang menerapkan program plus sebagai salah satu keunggulannya. Sekolah ini memiliki siswa sebanyak 118 orang dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Saat ini siswa telah terbiasa menggunakan gadget dalam aktivitas sehari-hari. Selain untuk belajar, penggunaan gadget lebih banyak digunakan untuk bermain game. Kegiatan bermain game ini dapat menunjang pendidikannya apabila diarahkan pada permainan edukasi. Namun, tidak semua guru memahami dan dapat mengarahkan aplikasi game yang sesuai untuk siswa SD. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan sasaran Guru dan siswa SD Muhammadiyah Miliran. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan. Secara detail kegiatan ini terdiri dari 4 tahapan yaitu sosialisasi, pelatihan literasi digital dan pemanfaatan aplikasi game Alfabeta untuk pembelajaran, pendampingan dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua semester yaitu semtester gasal dan semester genap 2023/2024. Kegiatan ini dibantu 3 mahasiswa dan 20 guru SD Muhammadiyah Miliran. Dilihat dari hasil pre test pemahaman guru menunjukan hasil  70 sedangkan post test meningkat menjadi 100. Adapun hasil pre test siswa sebelum dilakukan penerapan game Alfabeta menunjukan hasil 70, sedangkan untuk post test meningkatkan menjadi 90. Hasil dari pendampingan terhadap guru dan siswa juga terlihat adanya peningkatan pemahaman guru maupun siswa setelah menggunakan game Alfabeta.

Keywords


game edukasi; literasi digital; pengbadian masyarakat; SD Muhammadiyah Miliran

Full Text:

PDF

References


Purwaningsih I, Oktariani O, Hernawati L, Wardarita R, Utami PI. Pendidikan sebagai suatu sistem. J Vision Penelit dan Pengemb dibidang Adm Pendidik. 2022;10(1):21–6.

Wulandari R, Susilo H, Kuswandi D. Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Grad Sch Conf. 2017;1–7.

Jayanti D, Septiani JI, Sayekti IC, Prasojo I, Yuliana I. Pengenalan game edukasi sebagai digital learning culture pada pembelajaran sekolah dasar [Introduction of educational games as digital learning culture in elementary school learning]. Bul KKN Pendidik. 2021;3(2):184–93.

Handiyani MH, Yunus Abidin. Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. J Elem Edukasia. 2023;6(2):408–14.

Novitasari Y, Fauziddin M. Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2022;6(4):3570–7.

Yulisnawati Tuna. Literasi Digital Dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Pros Semin Nas Pendidik Dasar. 2021;2005(November):388–97.

Kurniawan Y I, Rivaldi M F. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) Game Edukasi Pengenalan dan Pembelajaran Berhitung untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. J Manaj Inform [Internet]. 2021;11(1):47–59. Available from: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jamika

Tingkat A, Digital L, Berbasis S, Game W, Sebagai E, Kesiapan B. Muhamat Maariful Huda, 2 Vion Age Tricahyo, 3 Rizqi Darma Rusydian Yusron, 4 Amalia Agung Septarina. Jsitik [Internet]. 2024;2(2):85–97. Available from: https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.352

Kurniawan YI, Paramesvari DP, Purnomo WH. Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar. J Penelit Inov. 2021;1(1):57–66.

Mumpuni A, Putri RDP, Haryanto H. Literacy Learning Innovations in Elementary Schools. Proc Ser Soc Sci Humanit. 2023;12:172–5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License