Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar remaja di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta
Abstract
Motivasi belajar merupakan syarat mutlak untuk belajar serta sangat memengaruhi dalam memberikan semangat, akan tetapi pada kenyataannya motivasi belajar remaja di Indonesia, terutama yang tinggal di panti asuhan masih tergolong rendah. Hal ini juga sejalan dengan hasil FGD yang dilakukan dengan beberapa peserta dalam kegiatan ini yang mengatakan bahwa peserta cenderung mudah menyerah, malas belajar, sering membolos sekolah, malas mengerjakan tugas dan cita-cita para peserta hanya sebatas mencari kerja dengan skill pendidikan sekolah terakhir. Solusi yang akan dilakukan untuk permasalahan ini yaitu dengan memberikan pelatihan goal setting. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 18 remaja. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi belajar. Metode pelatihan yang dilakukan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa nilai Z yang dihasilkan yaitu sebesar -3,554 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 (p<0,01), kesimpulannya terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Pelatihan goal setting efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiah Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiya, A., Pahmi, P., Syahfutra, W., Febtiningsih, P., Niah, S., & Wibowo, A. prasetyo. (2018). Peningkatan minat belajar anak yatim piatu di panti asuhan fajar harapan kota pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.867
Aqib, Z dan Murtadlo, A. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa
Carbonnier, G., Carton, M., & King, K. (2014). Education, Learning, Training: Critical Issues for Development. Brill.
Damayanti, E., & Erwan, S. M. (2022). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam pada siswa SMP di yogyakarta. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 12(3), 290–299. https://doi.org/10.24127/gdn.v12i3.6278
Elvira, E. (2021). Faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan dan cara mengatasinya (Studi pada : sekolah dasar di desa tonggolobibi). IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(2), 93–98. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i2.1602
[Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Hasibuan, M. S. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Hazimah, G. F., Cahyani, S. A., Azizah, S. N., & Prihantini, P. (2021). Pengelola kurikulum dan sarana prasarana sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 121–129. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1632
Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2009). Evaluating training programs. Berret-Koehler Publishers. https://doi.org/10.4324/9780080455839-10
Liang, G., Hong, H., Xie, W., & Zheng, L. (2018). Combining convolutional neural network with recursive neural network for blood cell image classification. IEEE Access, 6, 36188–36197. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2846685
Locke, E. A., & Latham, G. P. (1991). A theory of goal setting and task performance. Academy of Management Review, 16(2), 480–483. https://doi.org/10.5465/amr.1991.4278976
Lutfianawati, D., Nugraha, R. S. P., & Rachmahana, R. S. (2014). Pengaruh pelatihan goal setting terhadap motivasi belajar bahasa inggris siswa. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 6(2), 125–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art8
Pratami, V., & Purwanti, M. (2022). Program bimbingan karir untuk anak remaja di panti asuhan X pondok gede. Senapenmas, 151–157.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sandri, R. (2015). Penerapan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja yang tinggal di panti asuhan. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(1), 51–54. https://doi.org/10.18860/psi.v12i1.6395
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Sukadji, S. (2012). Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. Jakarta: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Syah, M. E., Bantam, D. J., & Jayanti, A. M. (2022). Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Remaja Saat Pembelajaran Jarak Jauh . Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 58–67. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.13
Vasalampi, K., Salmela-Aro, K., & Nurmi, J. E. (2009). Adolescents self-concordance, school engagement, and burnout predict their educational trajectories. European Psychologist, 14(4), 332–341. https://doi.org/10.1027/1016-9040.14.4.332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Faridah Ainur Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License