ESUPER (Elementary School-University Partnership): Komunitas belajar dalam pembelajaran inovatif di kelas inklusif
Abstract
Rendahnya kualitas guru di Indonesia menunjukkan bahwa program pengembangan profesionalisme guru saat ini masih belum menemukan bentuk yang ideal. Program ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam komunitas belajar antara guru SD untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengembangkan pembelajaran IPA di kelas inklusif. Artikel ini membagikan pengalaman dari empat guru sekolah dasar dan satu orang kepala sekolah di SD Negeri Bangunrejo 2, Yogyakarta, serta satu dosen PGSD UAD selama berkolaborasi dalam komunitas belajar. Terdapat tiga siklus lesson study yang dilaksanakan dalam program ini meliputi plan, do, see yang berlangsung selama 3 bulan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis desktiptif. Program ini menunjukkan keberhasilan bahwa ESUPER dapat meningkatkan profesionalisme guru dan dosen melalui komunitas belajar. Empat guru kelas yang awalnya tidak melakukan inovasi selama pembelajaran, melalui program ini justru mengembangkan berbagai inovasi dalam bentuk model pembelajaran, bahan ajar, pendekatan, media, serta instrument evaluasi. Keterampilan merancang pembelajaran juga meningkat yang dapat dilihat dari meningkatnya kualitas modul ajar/ rancangan pembelajaran yang disusun. Meskipun demikian, tantangan dan kendala pengelolaan kelas inklusif perlu diatasi dengan kolaborasi berbagai pihak seperti guru pendamping khusus, orang tua siswa, serta kebijakan sekolah yang mendukung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hoppey D. Developing Educators for Inclusive Classrooms Through a Rural School-University Partnership. Rural Spec Educ Q. 2016;35(1):13–22.
Daniel J, Quartz KH, Oakes J. Teaching in Community Schools: Creating Conditions for Deeper Learning. Rev Res Educ. 2019;43(1):453–80.
Hodgkinson-Williams C, Slay H, Siebörger I. Developing Communities of Practice Within and Outside Higher Education Institutions. Br J Educ Technol. 2008;39(3):433–42.
Johnson S. The Role of Teacher Self-Efficacy in the Implementation of Inclusive Practices. J Sch Leadersh. 2023;33(5):516–34.
Houseal AK, Abd‐El‐Khalick F, DeStefano L. Impact of a Student-Teacher-Scientist Partnership on Students’ and Teachers’ Content Knowledge, Attitudes Toward Science, and Pedagogical Practices. J Res Sci Teach. 2013;51(1):84–115.
Zohar A, Schwartzer N. Assessing teachers’ pedagogical knowledge in the context of teaching higher‐order thinking. Int J Sci Educ [Internet]. 2005 Jan 1;27(13):1595–620. Available from: https://doi.org/10.1080/09500690500186592
Qureshi MA, Khaskheli A, Qureshi JA, Raza SA, Yousufi SQ. Factors affecting students’ learning performance through collaborative learning and engagement. Interact Learn Environ [Internet]. 2023 May 19;31(4):2371–91. Available from: https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1884886
Artikel I, Teknologi P, Pembelajaran M. Peran teknologi sebagai media pembelajaran di era Abad-21. J PenKoMi Kaji Pendidik Ekon. 2023;6(2):194–202.
Hasanah E, Al Ghazy MI, Suyatno S, Maryani I, Mohd Yusoff MZ. Unlocking Classroom Potential: Exploring the Mediating Role of Teacher Mindset on Embracing Differentiated Instruction. Int J Learn Teach Educ Res. 2023;22(10):433–52.
Schmid R, Petko D. Does the use of educational technology in personalized learning environments correlate with self-reported digital skills and beliefs of secondary-school students? Comput Educ [Internet]. 2019;136:75–86. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131519300648
Peng H, Ma S, Spector JM. Personalized adaptive learning: an emerging pedagogical approach enabled by a smart learning environment. Smart Learn Environ [Internet]. 2019;6(1):9. Available from: https://doi.org/10.1186/s40561-019-0089-y
Irwan Suryadi. Dampak Pendidikan Inklusif Terhadap Partisipasi dan Prestasi Siswa dengan Kebutuhan Khusus. J Pendidik West Sci. 2023;1(08):517–27.
Tanujaya B, Prahmana RCI, Mumu J. Lesson study with sharing and jumping tasks in online mathematics classrooms for rural area students. J Math Educ. 2023;14(1):169–88.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ika Maryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License