Pelatihan implementasi bimbingan profetik melalui metode sokratik bagi konselor sekolah

Hardi Santosa, Farid Setiawan, Iin Inawati, Barry Nur Setyanto, Akhmad Fajar Prasetya, Tri Winarni, Nurlia Meilani

Abstract


Konselor sekolah berperan penting dalam kesuksesan siswa. Maka konselor sekolah mesti terampil memberikan layanan BK. Secara faktual, masih ditemukan guru BK membutuhkan pelatihan untuk menambah keterampilan melakukan layanan BK. Beberapa permasalahan yang ditemukan: (1) Guru BK belum terampil mendesain layanan sesuai kebutuhan siswa; (2) Guru BK belum terampil menggunakan pendekatan BK Profetik; (3) Guru BK  belum terampil menggunakan metode sokratik; (4) Guru BK belum terampil menggunakan teknologi. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru BK dalam mengimplementasikan BK profetik. Untuk mewujudkan tujuan tersebut digunakan metode pelatihan training of trainer selama empat kali dalam dua semester. Pertemuan pertama fokus pada pemahaman landasan filosofis BK Profetik, Kedua fokus pada landasan hakikat manusia, ketiga fokus pada melatih keterampilan penggunaan nilai profetik, keempat fokus pada penggunaan metode sokratik. Pelatihan diikuti oleh semua guru BK SMK Musaba. Keberhasilan kegiatan pengabdian diukur menggunakan angket evaluasi dan refleksi. Hasilnya: (1) 93,8% peserta mendapatkan pemahaman tentang BK profetik dan hakikat manusia; (2) 90% terampil menggunakan nilai profetik sebagai konten layanan;  dan (3) 93,8% terampil menggunakan metode sokratik. Pengabdian ini belum memberikan keterampilan teknologi. Meski demikian, pengabdian ini telah memberikan dampak positif berupa peningkatan pemahaman dan keterampilan guru BK SMK Musaba dalam layanan BK di Sekolah.


Keywords


pelatihan, BK profetik, musaba, metode sokratik

Full Text:

PDF

References


Afiati E, Zidny R, Rahmawati R, Handoyo AW, Saripudin M. Peningkatan Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD): Sebuah Studi Kasus di Banten, Indonesia. J Stud Kasus Kegiat Masy. 2023;1(1):1–7.

Octavia SA. Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. Deepublish; 2021.

Santosa H, Kartadinata S, Nurihsan J. ISLAMIC PROPHETIC GUIDANCE MODEL TO DEVELOP NOBLE CHARACTER IN INDONESIA. Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2021;10(01):305–20.

Kartadinata S. Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press; 2011.

Santosa H, Yusuf S, Ilfiandra I. KRR sebagai Program Pengembangan Perilaku Seksual Sehat Remaja pada Revolusi Industri 4.0. Indones J Educ Couns. 2019;3(3):233–42.

Santosa H, Prabowo AB. Need analysis of islamic Prophetic guidance and counseling for developing students’ noble character. KONSELI J Bimbing dan Konseling. 2022;9(1):1–14.

Nugraha A, Kurniawan SJ, Santosa H. Analisis Kebutuhan Bimbingan Kelompok Berbasis Kespro Untuk Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat Remaja. JURKAM J Konseling Andi Matappa. 2021;5(2):55–62.

Desa N, Puji TIZT, Mohamad S. Menangani keruntuhan akhlak masa kini menurut Islam. Al-Turath J Al-Quran Al-Sunnah. 2023;3(1):55–63.

Santosa H, Prasetiawan H. Pelatihan bimbingan profetik melalui metode sokratik bagi MGBK Kabupaten Pringsewu.

Karman Y. Runtuhnya kepedulian kita: fenomena bangsa yang terjebak formalisme agama. Penerbit Buku Kompas; 2010.

Santosa H. BIMBINGAN DAN KONSELING BERPARADIGMA PROFETIK. UAD PRESS; 2022.

Tan C, Ibrahim A. Humanism, Islamic education, and Confucian education. Relig Educ. 2017;112(4):394–406.

Rusmana N. Group Excercise Sebagai Sarana Efektif Pendidikan Nilai dan Pengembangan Karakter. In: Seminar Internasional kerjasama UPI dan UPSI. Bandung; 2010.

Sobur K. Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. TAJDID J Ilmu Ushuluddin. 2015;14(2):387–414.

Suprihatin D, Rusmana N, Budiman N. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercises untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa. J Penelit Pendidik. 18(3):284–96.

Marlina M, Aliman A, Somantri M. Komitmen dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Manajer Pendidik J Ilm Manaj Pendidik Progr Pascasarj. 2018;12(3).

Depdiknas. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: PMPTK; 2007. 231–232 p.

Pratiwi F, Rahman IK, Suhandi T. Efektivitas Bimbingan Gestalt Profetik Untuk Meningkatkan Keimanan Siswa Kelas X Di SMAN 10 Kota Bogor. In: The Annual Conference on Islamic Education and Social Science. 2019. p. 127–37.

Liang G, Hong H, Xie W, Zheng L. Combining Convolutional Neural Network With Recursive Neural Network for Blood Cell Image Classification. IEEE Access. 2018;6:36188–97.

Afiati E, Zidny R, Rahmawati R, Handoyo AW, Saripudin M. Peningkatan Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD): Sebuah Studi Kasus di Banten, Indonesia. J Stud Kasus Kegiat Masy. 2023;1(1):1–7.

Octavia SA. Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. Deepublish; 2021.

Santosa H, Kartadinata S, Nurihsan J. ISLAMIC PROPHETIC GUIDANCE MODEL TO DEVELOP NOBLE CHARACTER IN INDONESIA. Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2021;10(01):305–20.

Kartadinata S. Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press; 2011.

Santosa H, Yusuf S, Ilfiandra I. KRR sebagai Program Pengembangan Perilaku Seksual Sehat Remaja pada Revolusi Industri 4.0. Indones J Educ Couns. 2019;3(3):233–42.

Santosa H, Prabowo AB. Need analysis of islamic Prophetic guidance and counseling for developing students’ noble character. KONSELI J Bimbing dan Konseling. 2022;9(1):1–14.

Nugraha A, Kurniawan SJ, Santosa H. Analisis Kebutuhan Bimbingan Kelompok Berbasis Kespro Untuk Mengembangkan Perilaku Seksual Sehat Remaja. JURKAM J Konseling Andi Matappa. 2021;5(2):55–62.

Desa N, Puji TIZT, Mohamad S. Menangani keruntuhan akhlak masa kini menurut Islam. Al-Turath J Al-Quran Al-Sunnah. 2023;3(1):55–63.

Santosa H, Prasetiawan H. Pelatihan bimbingan profetik melalui metode sokratik bagi MGBK Kabupaten Pringsewu.

Karman Y. Runtuhnya kepedulian kita: fenomena bangsa yang terjebak formalisme agama. Penerbit Buku Kompas; 2010.

Santosa H. BIMBINGAN DAN KONSELING BERPARADIGMA PROFETIK. UAD PRESS; 2022.

Tan C, Ibrahim A. Humanism, Islamic education, and Confucian education. Relig Educ. 2017;112(4):394–406.

Rusmana N. Group Excercise Sebagai Sarana Efektif Pendidikan Nilai dan Pengembangan Karakter. In: Seminar Internasional kerjasama UPI dan UPSI. Bandung; 2010.

Sobur K. Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. TAJDID J Ilmu Ushuluddin. 2015;14(2):387–414.

Suprihatin D, Rusmana N, Budiman N. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercises untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa. J Penelit Pendidik. 18(3):284–96.

Marlina M, Aliman A, Somantri M. Komitmen dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Manajer Pendidik J Ilm Manaj Pendidik Progr Pascasarj. 2018;12(3).

Depdiknas. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: PMPTK; 2007. 231–232 p.

Pratiwi F, Rahman IK, Suhandi T. Efektivitas Bimbingan Gestalt Profetik Untuk Meningkatkan Keimanan Siswa Kelas X Di SMAN 10 Kota Bogor. In: The Annual Conference on Islamic Education and Social Science. 2019. p. 127–37.

Liang G, Hong H, Xie W, Zheng L. Combining Convolutional Neural Network With Recursive Neural Network for Blood Cell Image Classification. IEEE Access. 2018;6:36188–97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hardi Santosa, Farid Setiawan, Iin Inawati, Barry Nur Setyanto, Akhmad Fajar Prasetya, Tri Winarni, Nurlia Meilani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License