Jaringan Internasional Pendidikan Antikorupsi Indonesia dan Malaysia
Abstract
Latar belakang pengabdian masyarakat di Malaysia ini adalah menginisiasi jaringan internasional pendidikan antikorupsi antara Indonesia dan Malaysia. Tujuan pengabdian masyarakat internasional ini adalah merintis adanya jariangan kerjasama internasional di bidang pendidikan antikorupsi, khususnya antara Universitas Ahmad Dahlan Indonesia dan Universiti Malaya (University of Malaya) Malaysia. Metode pengabdian yang diterapkan adalah participatory action research, dimana tim pengabdi terlibat langsung dalam tindakan-tindakan nyata pada kasus-kasus yang dihadapi bersama. Hasil pengabdian ini adalah terbentuknya inisiasi awal akan adanya jaringan internasional pendidikan antikorupsi yang dirintis oleh Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia dan University of Malaya Malaysia. Meskipun jaringan ini masih berupa rintisan awal, namun sejumlah program telah disepakati bersama, diantaranya adalah pertukaran instruktur pendidikan antikorupsi antara Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia dan University of Malaya Malaysia. Dampak yang ditimbulkan dari pengabdian ini adalah terbentuknya jaringan internasional pendidikan antikorupsi Indonesia dan Malaysia bahkan dalam jangka panjang akan meluas hingga Asia Tenggara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Amin, “Hakordia 2022 Resmi Dibuka, Wapres Ingatkan Korupsi Musuh Seluruh Bangsa,” ACLC KPK-RI, 2022. [Online].Available: https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/informasi/20221209-hakordia-2022-resmi-dibuka-wapres-ingatkan-korupsi-musuh-seluruh-bangsa.
Ilham, “Kuliah Umum dan Pelantikan Pengurus Barisan Antikorupsi Ahmad Dahlan (BAKAD),” Web Universitas Ahmad Dahlan, 2017. Online]. Available http://bem.uad.ac.id/kuliah-umum-dan-pelantikan-pengurus-barisan-anti-korupsi-ahmad-dahlan-bakad/
Amar, “Angkatan Mahasiswa Anti Rasuah (AMAR),” Portal Resmi Auruhanjaya Pencegahan Korupsi Malaysia, 2002. [Online]. Available: https://www.sprm.gov.my/index.php?id=21&page_id=134&articleid 693.
T. Penyusun, Rencana Induk dan Road Map Penelitian dan Penagabdian Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, no. 3. Yogyakarta: Fakultas Agama Islam UAD, 2019.
Suyadi, “Integration of Anti-Corruption Education Wth Neuroscience Approach (Multi-Ccase Study In Brain Friendly PUD: I Sleman Kindergarten Yogyakarta),” Inferensi, J. Penelit. Sos. Keagamaan, vol. 12, no. 2, 2018.
S. Suyadi, Dwi Hastuti, “Anticorruption Education Insertion in Islamic Religious Learning In The Umar Mas’ud Kindergarten of Bawean Island Indonesia,” Int. J. Innov. Educ. Res., vol. 7, no. 10, pp. 771–783, 2019.
S. S. W. Sukmayadi, “Reading Corner Anti-corruption Literacy in Kindergarten ’Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Perak Mosque Complex, Anti-corruption Village, Prenggan Village, Kotagede Yogyakarta,” J. Tarbiyatuna, vol. 11, no. 2, pp. 114–127, 2020.
Suyadi, “Alat Deteksi Gelombang Otak Antikorupsi,” Diberi A00202103567, 2022.
A. W. Asmorojati, S. Suyadi, S. Suyitno, E. P. Aji, and D. R. Fadilla, “Pelatihan Integritas Perangkat Desa Banguncipto di Masa Pandemi Covid-19,” Borobudur J. Leg. Serv., vol. 3, no. 1, pp. 23–32, 2022.
S. Suyitno, Lisa Retnasari, “Prototipe Madrasah Antikorupsi di Sekolah Dasar Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta,” Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 851–858, 2022.
R. D. R. M. Suyadi, Sumaryati, Dwi Hastuti, Desfa Yusmaliana, “Constitutional Piety: The Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Learning Based on Neuroscience,” J-PAI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 6, no. 1, pp. 38–46, 2019.
Suyadi, Profil da’i anti korupsi: program pemberdayaan masyarakat unggulan perguruan tinggi pada kelompok sasaran Paguyuban Mubaligh Desa Antikorupsi kelurahan prenggan kotagede yogyakarta. Yogyakarta: UAD Press, 2020.
Suyadi, “Integration Of Anti-Corruption Education Wth Neuroscience Approach (Multi-Ccase Study In Brain Friendly PUD: I Sleman Kindergarten Yogyakarta),” Inferensi, J. Penelit. Sos. Keagamaan, vol. 12, no. 2, 2018.
Suyadi, “Integration of Anti-Corruption Education (PAK) In Islamic Religious Education (PAI) With Neuroscience Approach (Multi-Case Study in Brain Friendly PAUD: I Sleman Kindergarten Yogyakarta),” Inferensi, J. Penelit. Sos. Keagamaan, vol. 12, no. 2, pp. 307–330, 2018.
D. H. Sumaryati, Suyadi, Pendidikan Antikorupsi dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Yogyakarta: UAD Press, 2019.
S. S. D. H. and A. D. Saputro, “Early Childhood Eeducation Teachers’ Perception of the Integration of Anti-corruption Education into Islamic Religious Education in Bawean Island Indonesia,” Elem. Educ. Online, vol. 19, no. 3, pp. 1703–1714, 2020.
A. W. Asmorojati, “Urgensi Pendidikan Anti Korupsi dan KPK dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Indonesia,” in The 6th University Research Colloquium 2017, 2017, pp. 491–498.
A. A. Sumaryati, Suyadi, Z. Nuryana, “Anti-corruption Action :A Education Model During COVID-19,” Front. Educ., vol. 7, no. June, pp. 1–10, 2022.
Sumaryati, “Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Antikorupsi Untuk Mewujudkan Karakter Jupe Mendi Tangse Kebedil (Survey Dalam Proses Pembelajaran Di SMA N 3 Bantul),” Yogyakarta, 2014.
S. Suyitno, “Literasi Wawasan Kebangsaan dan Anti Korupsi di SD Muhammadiyah Condongcatur Depok Sleman,” in Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022, pp. 851–858.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Suyitno Suyitno, Suyadi Suyadi, Anom Wahyu Asmorojati, Anisa Fauziah Apriyani, Rizki Hanifah, Saedah Binti Siraj, Muhamad Nazreen Razak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License