Model pemberdayaan saudagar muhammadiyah berbasis e-mubarok

Salamatun Asakdiyah, Rai Rake Setyawan, Sukardi Sukardi, Andy Passyada Salampessy

Abstract


Perkembangan bisnis ritel di Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini sangat pesat, terutama ritel modern dengan berbagai variasi. Perkembangan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mengembangkan bisnis ritel. Beberapa faktor pendukung perkembangan usaha ritel modern diantaranya adalah cukup terbukanya peluang pasar, perkembangan usaha manufaktur yang akan memasok produknya ke peritel, dan kebijakan pemerintah daerah terkait pembukaan ritel modern. Pengabdian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran, penataan toko, pengelolaan keuangan dan SDM saudagar dengan memberikan pelatihan pemasaran secara online/offline, pelatihan pelayanan kepada konsumen yang baik, pelatihan penataan toko yang benar dan penyusunan laporan keuangan yang benar secara sederhana, serta memperkenalkan website e-mubarok. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah identifikasi kebutuhan, perancangan, pembuatan, pendampingan operasional, dan implementasi kepada para saudagar Muhammadiyah. Hasil dari pengabdian ini berupa peningkatan kemampuan saudagar dalam mengelolah ritel baik dalam memenuhi kebutuhan ritel, menata berang dagangan, mengelolah keuangan ritel, dan dapat mengelolah ritel dengan menggunakan e-mubarok.


Keywords


e-Mubarok; Grosir; Ritel; Sudagar Muhammadiyah.

Full Text:

PDF

References


Asakdiyah, S., Bonaga, J. K., Maheswari, U., Prastowo, I., & Salampessy, A. P. (2024). The mediating role of customer loyalty on the effect of celebrity endorsement to impulse buying behavior. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 14(1), 124-135.

Ekawati, S., & Sha, T. L. (2019). Implementasi Strategi Manajemen Ritel Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 48–57. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4316

Imamul Hakim, & Muslikhati, M. (2022). Model Gerakan Ekonomi Muhammadiyah Pasca Muktamar ke 47. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 315–324. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2556

Kotler, P. and KL., Keller (2014), AFramework for Marketing Management, 6 ed., United State of America: Pearson Hight.

Muliati, & Endah, Y. (2016). Pengembangan Model Pembelian Berulang Pada Pusat Grosir Dengan Antiseden Brand,Quality, Patron Status, Fashion Involvement Dan Store Atmosphere. Jounal NeO-Bis, 8(2), 164–178. https://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/viewFile/471/441

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2022). Tanfidz Keputusan Muktamar ke-48 Muhammadiyah.

Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. (2022). Analisis Lokasi Usaha Dalam Meningkatkan. 2(2), 289–304

Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019).

Salampessy, A. P., & Asakdiyah, S. (2024). Analisis Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Online Berdasarkan Efektivitas Iklan Melalui Citra Merek.

Titin Kristiana. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode TOPSIS Untuk Pemilihan Lokasi Pendirian Grosir Pulsa. Paradigma, 20(1), 8–12. https://repository.nusamandiri.ac.id/index.php/unduh/item/235936/2908-9372-1-PB.pdf

Utamajaya, J. N., Afrina, A., & Fitriah, A. N. (2021). Analisis Manajemen Risiko Teknologi Informasi Pada Perusahaan Toko Ujung Pandang Grosir Penajam Paser Utara Menggunakan Framework Iso 31000:2018. Sebatik, 25(2), 326–334. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1430


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salamatun Asakdiyah, Rai Rake Setyawan, Sukardi Sukardi, Andy Passyada Salampessy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License