Pembelajaran Berkebhinekaan Global bagi Guru TK dalam Membangun Komunikasi Interkultural antara Indonesia dan Thailand

Syifa Siti Aulia, Avanti Vera Risti Pramudyani, Ratri Nur Hidayati

Abstract


Arus globalisasi tidak bisa terhindarkan lagi di tengah masyarakat. Seiring berjalannya waktu, pengaruh-pengaruh tersebut membawa dampak positif maupun negatif. Dibutuhkan pemahaman akan kebhinekaan global yang nantinya membangun komunikasi intercultural agar anak didik dapat tumbuh dan menjadi generasi yang toleran terhadap keberagaman. Tujuan dari kegiatan adalah ini untuk dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru di PAUD khususnya layanan TK. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring dan daring menggunakan ceramah, diskusi, PBL, dan praktek. Dalam penyiapan tempat dan peserta pelaksana kegiatan PkM dibantu oleh mitra. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam 2 termin. Termin 1 telah terlaksana pada tanggal 13 Januari dan 24 Februari 2024 secara blended. Untuk termin ke 2 dilaksanakan pada Jumat – Sabtu, 17 – 18 Mei 2024 secara offline Peserta dari PAUD Terpadu Ngampilan sejumlah 15 guru datang secara luring dan 11 guru dari Suan Santi School, Thailand melalui daring Zoom Meeting. kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh 3 orang dosen dan mahasiswa dari Prodi PPKN, PG PAUD, dan PBI. Dalam kegiatan ini, tim pelaksana bekerjasama dengan PCIM Thailand dalam melakukan koordinasi dan kolaborasi. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah meningkatan pengetahuan dan penguasaan kebhinekaan global; Video kegiatan di Yotube LPPM UAD; artikel publikasi seminar nasional; artikel publikasi di jurnal Sinta; HKI kegiatan; publikasi di media massa Pikiran Rakyat; dan naskah AI


Keywords


kebhinekaan global; komunikasi intercultural; keberagaman

Full Text:

PDF

References


Arus globalisasi tidak bisa terhindarkan lagi di tengah masyarakat. Seiring berjalannya waktu, pengaruh-pengaruh tersebut membawa dampak positif maupun negatif. Dibutuhkan pemahaman akan kebhinekaan global yang nantinya membangun komunikasi intercultural agar anak didik dapat tumbuh dan menjadi generasi yang toleran terhadap keberagaman. Tujuan dari kegiatan adalah ini untuk dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru di PAUD khususnya layanan TK. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring dan daring menggunakan ceramah, diskusi, PBL, dan praktek. Dalam penyiapan tempat dan peserta pelaksana kegiatan PkM dibantu oleh mitra. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam 2 termin. Termin 1 telah terlaksana pada tanggal 13 Januari dan 24 Februari 2024 secara blended. Untuk termin ke 2 dilaksanakan pada Jumat – Sabtu, 17 – 18 Mei 2024 secara offline Peserta dari PAUD Terpadu Ngampilan sejumlah 15 guru datang secara luring dan 11 guru dari Suan Santi School, Thailand melalui daring Zoom Meeting. kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh 3 orang dosen dan mahasiswa dari Prodi PPKN, PG PAUD, dan PBI. Dalam kegiatan ini, tim pelaksana bekerjasama dengan PCIM Thailand dalam melakukan koordinasi dan kolaborasi. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah meningkatan pengetahuan dan penguasaan kebhinekaan global; Video kegiatan di Yotube LPPM UAD; artikel publikasi seminar nasional; artikel publikasi di jurnal Sinta; HKI kegiatan; publikasi di media massa Pikiran Rakyat; dan naskah AI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Avanti Vera Risti Pramudyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License