Pelatihan Penguatan Karakter Disiplin Ibadah Harian Siswa Berbasis Self Management dan AIK di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo Bantul Yogyakarta

Sutarman - Sutarman, Parjiman Parjiman, Muhammad Ragil Kurniawan

Abstract


Latar belakang masalah program pengabdiaan masyarakat ini, yakni oleh rendahnya nilai-nilai karakter siswa pada sekolah menengah atas pada dekade 3 tahun terakhir pada tahun 2021 hingga tahun 2024 ini. Indikator rendahnya nilai karakter peserta didik, yakni adanya banyaknya  kasus  kenakalan remaja yang terjadi di lingkungan masyarakat wilayah Yogyakarta, dan sekitarnya seperti: (1) perilaku tawuran, (2)  bullying, (3) klithih, dan (4) tidak sopan dengan guru termasuk terhadap orang lain, dan perilaku lainnya.   Tujuan pelatihan ini adalah untuk  penguatan nilai-nilai karakter disiplin beribadah harian peserta didik di SMK Muhammadiyah  Bangunjiwo Bantul, sebagai upaya recovery menurunnya nilai-nilai akhlak sejak adanya  pandemi COVID 19 di Indonesia pada awal tahun 2020 hingga awal tahun 2023, yakni: (1) rendahnya nilai-nilai semangat dalam ibadah harian shalat wajib  5 waktu, dan ibadah shalat sunah, dan (2) rendahnya nilai sopan santun terhadap guru, dan orang lain.  Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian di SMK Muhammadiyah  Bangunjiwo Bantul  Yogyakarta guna penguatan nilai-nilai karakter disiplin ibadah harian peserta didik berbasis self management, dan AIK, tim PkM menggunakan metode “cooperative learning”, dengan cara sebagai berikut: Pertama, Tim PkM Presentasi PPT pelatihan tekait materi pentingnya penguatan nilai-nilai karakter disiplin beribadah harian peserta didik berbasis self management, dan Al Islam Kemuhammadiyahan dengan media Power point. Kedua, Tim membagi peserta pelatihan ke dalam beberapa kelompok guna untuk diskusi kelompok dan tanya jawab terkait materi pelatihan, bimbingan, dan arahan dari tim PkM agar peserta memahami gambaran tujuan pelatihan, manfaat pelatihan dan target capaian pelatihan. Pelatihan ini diikuti oleh siswa Klas XI yang didampingi oleh guru Al Islam Kemuhammadiyahan SMK Muhammadiyah Bangunjiwo Bantul  yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan workshop implementasi  praktik ibadah harian.  Hasil, dan dampak pelatihan ini bermanfaat dan  berdampak positif terhadap Penguatan Nilai karakter siswa  di SMK Muhammadiyah  Bangunjiwo Bantul Yogyakarta, yakni:  Pengetahuan peserta meningkat, dan peserta pelatihan menjadi lebih memahami terkait Penguatan disiplin ibadah harian siswa serta program pelatihan memberikan perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik,  dan lebih termotivasi untuk melaksanakan ibadah harian, seperti: shalat 5 waktu dan shalat sunnahnya  lebih giat lagi. Keterampilan peserta meningkat yakni: peserta pelatihan menjadi lebih trampil melaksanakan shalat wajib dan sunnah. Kesehatan mentalnya juga meningkat, yakni: siswa menjadi lebih sehat mental spiritualnya dengan bukti adanya transformasi sikap & tingkahlaku peserta.

 


Keywords


1. Penguatan Karakter Disiplin Ibadah Harian Siswa; 2. Self Management; 3. AIK; 4. SMK Muhammadiyah Bangunjiwo Bantul

Full Text:

PDF

References


W. S. Anjani, C. Arumsari, and A. Imaddudin, “Pelatihan Self Management dan Disiplin Belajar Siswa,” J. Innov. Couns. Pract. Res., vol. 4, no. 1, pp. 41–56, 2020.

P. Muhammadiyah, Al Qur’an Al Karim. Yogyakarta: GRAMASURYA, 2015.

Hamka, Kitab Tafsir Al-Azhar Jilid 5. Gema insani, 2015.

Nurhalim, Sidik, and S. Attamimi, “Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 7 Balaesang Kabupaten Donggala,” in Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2023, 2023, vol. 0, p. 165. [Online]. Available: https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/issue/archive

W. Wuryandani, B. Maftuh, . S., and D. Budimansyah, “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 286–295, 2014, doi: 10.21831/cp.v2i2.2168.

K. Alfath, “Pendidikan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro,” Al-Manar, vol. 9, no. 1, p. 125, 2020, doi: 10.36668/jal.v9i1.136.

U. H. Salsabila, A. S. Hutami, S. A. Fakhiratunnisa, W. Ramadhani, and Y. Silvira, “Peran Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik,” J. Intelekt. J. Pendidik. dan Stud. Keislam., vol. 10, no. 3, p. 392, 2020.

L. Bila, “Falsafah, Makna dan Prinsip Ibadah,” Muhammadiyah, 2020. http://arsip.muhammadiyah.or.id/id/artikel-falsafah-makna-dan-prinsip-ibadah-2-detail-1436.html (accessed Sep. 29, 2023).

A. Anshori, Kuliah Muhammadiyah Gerakan Tajdid Pendekatan Ideologis, Historis, dan Analisis, 1st ed. Yogyakarta: UAD Press, 2019.

R. Setyaningsih and Subiyantoro, “Kebijakan Internalisasi Nilai-nilai Islam dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa,” Edukasi J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 1, p. 57, 2017.

A. Fadholi, Nasrodin, and N. Auliya, “Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Madrasah Tsanawiyah,” MUMTAZ J. PendidikanAgama Islam, vol. 2, no. 75, 2022.

Srilestari, “Pengembangan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo,” J. Pendidik. Sosiol., vol. 10, no. 1, p. 72, 2022.

Y. Wibisono, “Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Ismuba di Smp Muhmammadiyah Pakem Sleman Yogyakarata,” At-Tajdid J. Pendidik. dan Pemikir. Islam, vol. 3, no. 2, p. 173, 2019, doi: 10.24127/att.v3i2.1124.

M. Tamrin, “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin pada Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (Aik/Ismuba) di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Daerah Minoritas,” TA’LIM J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, p. 22, 2020, doi: 10.52166/talim.v3i1.1754.

S. Sutarman and Y. Yusutria, “The Education of School Cultural Values to Increase the Students’ Character Values of the Muhammadiyah School in the Pandemic covid 19 Era,” AL-ASASIYYA J. Basic Educ., vol. 5, no. 2, p. 47, 2021, doi: 10.24269/ajbe.v5i2.4425.

Darusman, wawancara tanggal 22/3/2024 di SMK Muammadiyah Bangunjiwo Bantul

Sutarman, Observasi tanggal 22/3/2024 di SMK Muammadiyah Bangunjiwo Bantul

A. Anshori, Kuliah Muhammadiyah Gerakan Tajdid Pendekatan Ideologis, Historis,

dan Analisis, 1st ed. Yogyakarta: UAD Press, 2019.

Darusman, wawancara tanggal 22/3/2024 di SMK Muammadiyah Bangunjiwo Bantul


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sutarman - Sutarman, Parjiman Parjiman, Muhammad Ragil Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License