Implementasi Layanan Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Identitas Karir Siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo, Fery Setyaningrum, Ariadi Nugraha

Abstract


Pemahaman mengenai identitas diri khususnya domain identitas karir sangat diperlukan bagi remaja secara holistik sesuai dengan kaidah agama, adat istiadat, serta norma yang dijunjung tinggi dalam masyarakat agar remaja terhindar dari kebingungan identitas karir. Perkembangan identitas selama masa remaja sangat penting karena memberikan suatu landasan bagi perkembangan psikososial dan relasi interpersonal pada masa dewasa. Oleh karenanya perlu adanya Implementasi bimbingan karir dalam meningkatkan identitas karir siswa disekolah. Rancangan kegiatan dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai metode, yaitu (1) Forum Group Discussion, (2) Identifikasi Identitas Karir siswa,  (3) Implementasi Bimbingan fokus dalam peningkatan identitas karir dan (4) pendampingan. Pelatihan yang dilaksanakan secara luring selama 1 semester. Metode-metode pelaksanaan tersebut akan disajikan dalam berbagai materi dan bekerjasama antara Universitas Ahmad Dahlan dengan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pelatihan bimbingan karir efektif dalam meningkatkan identitas karir siswa. Siswa mengalami peningkatan pemahaman tentang pentingnya eksplorasi dan mengambil keputusan dengan cepat tentang arah pilihan karirnya.

Keywords


bimbingan karir, identitas karir, siswa

Full Text:

PDF

References


M. A. Diemer and D. L. Blustein, “Vocational Hope and Vocational Identity: Urban Adolescents’ Career Development,” J. Career Assess., vol. 15, no. 1, pp. 98–118, Feb. 2007, doi: 10.1177/1069072706294528.

T. Nurhayati, “PERKEMBANGAN PERILAKU PSIKOSOSIAL PADA MASA PUBERTAS,” Edueksos J. Pendidik. Sos. Ekon., vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Oct. 2016, doi: 10.24235/edueksos.v4i1.649.

A. Agungbudiprabowo, “Status Identitas Vokasional Mahasiswa,” J. Konseling Gusjigang, vol. 5, no. 1, 2019.

M. L. Savickas, “Reflection and reflexivity during life-design interventions: Comments on Career Construction Counseling,” J. Vocat. Behav., vol. 97, pp. 84–89, Dec. 2016, doi: 10.1016/j.jvb.2016.09.001.

A. Di Fabio and J.-L. Bernaud, “Introduction: Postmodern Guidance and Career Counseling Interventions—The New Scenario,” in Narrative Interventions in Post-modern Guidance and Career Counseling: A Review of Case Studies and Innovative Qualitative Approaches, A. Di Fabio and J.-L. Bernaud, Eds., Cham: Springer International Publishing, 2018, pp. 3–14. doi: 10.1007/978-3-319-98300-4_1.

J.-L. Bernaud and D. Guédon, “Individualized Counseling for Job Decency Analysis and Career Development—A New Approach,” in Narrative Interventions in Post-modern Guidance and Career Counseling: A Review of Case Studies and Innovative Qualitative Approaches, A. Di Fabio and J.-L. Bernaud, Eds., Cham: Springer International Publishing, 2018, pp. 31–46. doi: 10.1007/978-3-319-98300-4_3.

A. Di Fabio and M. E. Kenny, “Life Meaning Intervention: A Case Study on an Italian Worker Using LAQuA and CCIO as Qualitative Evaluation Instruments,” in Narrative Interventions in Post-modern Guidance and Career Counseling: A Review of Case Studies and Innovative Qualitative Approaches, A. Di Fabio and J.-L. Bernaud, Eds., Cham: Springer International Publishing, 2018, pp. 181–195. doi: 10.1007/978-3-319-98300-4_10.

S. Nadiah, N. A. Nadhirah, and I. Fahriza, “HUBUNGAN FAKTOR PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL DENGAN IDENTITAS VOKASIONAL PADA REMAJA AKHIR,” QUANTA, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2021, doi: 10.22460/q.v5i1p21-29.2172.

A. Fajri, Y. R. Yustiana, and A. Budiamin, “Kecenderungan Status Identitas Vokasional Siswa,” J. Educ. Couns. JECO, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, 2020.

A. Agungbudiprabowo, N. Nurhudaya, and A. Budiamin, “Efektivitas Program Bimbingan Karir Berbasis Teori Super untuk Mengembangkan Identitas Vokasional Remaja,” J. Psikol. Pendidik. Dan Konseling J. Kaji. Psikol. Pendidik. Dan Bimbing. Konseling, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2018, doi: 10.26858/jpkk.v4i1.5725.

D. Jatmika and L. Linda, “GAMBARAN KEMATANGAN KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR,” Psibernetika, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2017, doi: 10.30813/psibernetika.v8i2.497.

M. Nuryanto, “Studi Korelasional: Status Identitas Vokasional Dan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kesehatan Kota Salatiga,” IJIP Indones. J. Islam. Psychol., vol. 2, no. 1, pp. 62–83, 2020.

I. Juwitaningrum, “Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK,” PSIKOPEDAGOGIA J. Bimbing. Dan Konseling, vol. 2, no. 2, pp. 132–147, 2013.

S. D. Brown and R. W. Lent, Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work. John Wiley & Sons, 2013.

M. L. Savickas, “Career counseling paradigms: Guiding, developing, and designing,” in APA handbook of career intervention, Volume 1: Foundations, in APA handbooks in psychology®. Washington, DC, US: American Psychological Association, 2015, pp. 129–143. doi: 10.1037/14438-008.

A. D. Fabio, “Poradnictwo kariery i psychologia pozytywna w XXI wieku. Nowe konstrukty i sposoby oceny skuteczności działań doradczych,” Stud. Porad. Couns., vol. 3, pp. 13-213 (en), 2014, doi: 10.34862/sp.2014.1.

J. Guichard, “Career guidance, education, and dialogues for a fair and sustainable human development,” presented at the Inaugural conference of the UNESCO chair of Lifelong guidance and counselling, Nov. 2013. Accessed: Jun. 20, 2023. [Online]. Available: https://hal-cnam.archives-ouvertes.fr/hal-03240556


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo, Fery Setyaningrum, Ariadi Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License