Meningkatkan Citra Positif Lembaga dengan Meningkatkan Profesionalisme HUMAS
Abstract
Maju mundurnya sebuah lembaga sangat tergantung pada pencitraan lembaga di masyarakat. Untuk meningkatkan citra lembaga di masyarakat, sangat tergantung kepada memampuan HUMAS (Hubungan Masyarakat) dalam mengkomunikasikan lembaganya. Kemampuan jurnalistik seseorang humas sangat diperlukan untuk meningkatkan popularitas lembaga. Kompetensi menulis HUMAS memerlukan perhatian untuk selalu dikembangkan agar sebuah lembaga eksis, terutama menghadapi media massa yang sangat bervariasi. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melakukan publikasi lembaga bagi HUMAS dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di lingkungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman. Jumlah peserta pelatihan 67 orang. Metode yang diterapkan adalah pelatihan. Pelatihan diadakan di ruang sidang PDM Sleman pada tanggal 3 Februari 2024 dengan materi dasar-dasar jurnalistik dan strategi menulis yang baik dan benar. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis bagi peserta sebesar 15%, sehingga menjadi 73%. Artinya melalui pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan ini telah terjadi kenaikan kemampuan menulis pada HUMAS sebesar 58%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kurnia Balqis, P. S., Saragih, M. Y., & Abidin, S. (2023). Strategi Humas PT Bank Sumut dalam Meningkatkan Citra Positif melalui Media Jurnalistik. Comit: Communication, Information and Technology Journal, 2(2), 262–275. https://doi.org/10.47467/comit.v2i2.846
Maulida, R. A., & Sevilla, V. (2021). Pelatihan Penulisan News Release untuk Pranata Humas pada Instansi Pemerintah Kabupaten Lebak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(2), 174–183. https://doi.org/10.30591/japhb.v4i2.2248
Mulyadi, S. (2018). Perencanaan Humas dan Usaha Membangun Citra Lembaga yang Unggul. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(2), 121. https://doi.org/10.29240/jsmp.v2i2.566
Ningsih, I., . A., & . H. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. JURNAL MAPPESONA, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.30863/mappesona.v5i1.2495
Sandyakala, M. C. (2020). Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan, 30(2), 184–198. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.63
Sazali, H., & Sukriah, A. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) OLEH HUMAS SMAU CT FOUNDATION SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PUBLIKASI DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 147–160.
Zulkarnain, I., & Masykur, R. (2018). KURIKULUM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JURNALISTIK KONVERGENSI MEDIA BERBASIS KARAKTER. Harian Umum Lampung Post.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sutipyo Ru'iya, Abdul Hopid, Fajar Dwi Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License