Pelatihan penyusunan soal HOTS dan literasi numerasi bagi guru SD Muhammadiyah Ambarketawang 3, Sleman, Yogyakarta
Abstract
SD Muhammadiyah Ambarketawang 3, Gamping, Sleman, Yogyakarta merupakan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang juga merupakan labschool Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sekolah Dasar ini masih membutuhkan banyak dukungan agar terus dapat berkembang dan meningkat kualitasnya. Pelatihan penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 yakni: (1) kurangnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang evaluasi pembelajaran di SD; (2) kurangnya kemampuan guru dalam penyusunan soal evaluasi berbasis HOTS, dan (3) kurangnya pengetahuan literasi dan numerasi guru dala di tingkat kelas serta tingkat sekolah. Soal-soal evaluasi pembelajaran yang diberikan dalam menilai hasil belajar siswa selama ini masih dalam tataran Lower Order Thinking Skills (LOTS). Alternatif salusi bagi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pemahaman evaluasi pembelajaran dan penyusunan soal berdasarkan pedoman penulisan soal HOTS. Pelatihan ini diharapkan dapat membuka wawasan guru tentang menyusun soal serta meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal pada jenjang keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengukur perkembangan daya pikir dan nalar siswa. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi kegiatan. Luaran keberdayaan mitra yakni pengetahuan dan keterampilan mitra dalam menyusun instrument evaluasi pembelajaran dan soal berbasis HOTS serta kemampuan literasi numerasi mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pratiwi, Poerwanti Hadi, dkk. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. Xxxvi, No.2
Ayuningtias, Nurina, dkk. (2016). Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa, (Online), diakses tanggal 26 Februari 2018.
Safi'i, I., & Amar, F. (2019). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru-Guru SD di Wilayah Banyudono. Abdimas Dewantara. Vol. 2. No. 2. hal 149-157.
Saragih, M., & Nasution, H. S. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Hots. JURNAL PRODIKMAS: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 2.
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H.(2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30.
Setiawati, W. (2013). Upaya peningkatan kemampuan berfikir kritis melalui penerapan model student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPA siswa kelas IVc SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fanani, A. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar Kelas V. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1-11.
Herwin, H., & Phonn, S. (2019). The application of the Generalized Lord’s Chi-Square method in identifying biased items. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23(1), 57-67.
Fanny, A. M. (2019). Implementasi pembelajaran berbasis hots dalam meningkatkan kemampuan analisis mata kuliah pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 44-52.
Ilham Syahrul dkk. (2020). Workshop Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) di SD N 44 Mataram. Jurnal PEPADU, Vol. 1 (2), 198 – 206.
Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory intoPractice, 41(4), 212-218. 36 – FOUNDASIA, Volume 12, Nomor 1, 2021 Volume 12, Nomor 1, 212-218.
Tjabolo, S. A., & Herwin. (2020). The influence of teacher certification on the performance of elementary school teachers in Gorontalo Province, Indonesia. International Journal of Instruction, 13(4), 347-360.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan. [14] Priantoro, D., & Paula, G. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika. 370 – 376.
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan higher-order thinking skills (HOTS) dan kerjasama antar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan media kokami di kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwalu. Attadib Journal of Elementary Education, 4(1), 23-35.
Rapih, S. & Sutaryadi. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 78-87.
Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Matematika SD. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 4 (4), 436 – 446.
Mursikah. (2018). Higher order thingking skill (hots) untuk anak sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(2), 239-260.
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2023). Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161-171.
Utaminingtyas, S. (2020). Implementation of problem solving oriented higher order thinking skill (HOTS) in social learning primary school. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 84-98.
Aryani, Irma., dkk (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas. Vol.3, No. 2, 37-41.
Barus, W. L. dkk, Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode RME , Elementar (Elementary of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1), 29- 35, 2023, 10.15408/ elementar.v3i1. 30338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hengkang Bara Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License