Pembelajaran Holistik Berdiferensiasi Konten Pendidikan Untuk Menstimulus Kemampuan Literasi Digital Siswa Di Sanggar Bimbingan Kuala Lumpur

Andriyani Andriyani, Sitti Nur Djannah, Akmal Akmal, Dede Dwi Aprilia

Abstract


Sanggar Bimbingan Kampung Baru dan Sanggar Bimbingan Kepong merupakan dua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mendidik anak-anak dari para pekerja imigran Indonesia tidak berdokumen agar berkesempatan belajar. Oleh karenanya, kedua Sanggar Bimbingan tersebut berupaya untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswanya melalui pembelajaran. Tujuan dari pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan literasi digital siswa melalui penerapan pembelajaran inovatif berpendekatan holistik, bukan sekedar pembelajaran transmisif yang menyampaikan konsep-konsep materi semata secara langsung kepada siswa. Guru berharap dapat menerapkan suatu pendekatan pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dapat mengembangkan kemampuan literasi digital siswa sebagai salah satu kemampuan yang dituntutkan dalam abad ke 21 ini. Pembelajaran dengan pendekatan holistik berdiferensiasi konten adalah salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk menstimulus kemampuan literasi digital siswa dengan capaian pembelajaran secara menyeluruh. Pembelajaran holistik ini dapat diimplementasikan dengan menggunakan berbagai pendekatan yang bersifat student centered untuk mengaktifkan kemampuan literais digital siswa sesuai dengan karakteristik pendekatan holistik yang disarankan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar. Implementasi pembelajaran holistik berdiferensiasi konten ini, diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran di Sanggar Bimbingan yang dapat mengefektifkan pembelajaran berdiferensiasi dan sesuai dengan kebutuhan siswa di kedua Sanggar Bimbingan tersebut.

Keywords


Pembelajaran; Berdiferensiasi konten; Holistik; Literasi

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Z., & Kamelia, F. (2019). Cara Mengajar Lebih Efektif dengan Menggunakan PCK Bagi Guru Matematika & Sains. Hafecs Press. https://khd-smaba.id/index.php?p=show_detail&id=1421

Andriyani, A., & Suhendri, S. (2019). Model Flipped Classroom Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287–292. https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.941

Boholano, H. (2017). Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(2), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45

Chalkiadaki, A. (2018). A Systematic Literature Review of 21st Century Skills and Competencies in Primary Education. International Journal of Instruction, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a

Hendon, S., & Abdullah, S. (2016). Transforming Science Teaching Environment for the 21st Century Primary School Pupils. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 4(4), 68–76. www.mojet.net

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529

Maharani, E. S., Rosmiati, R., & Nasori, A. (2021). Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh terhadap Kualitas Pembelajaran Daring SMK Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 161–165. https://doi.org/10.33087/DIKDAYA.V11I2.360

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0 Disusun oleh : Yudi Prianto Subaidah Ziyadatur Rohmah Ferawati Firdaus (Issue January).

Rohmah, N. (2019). Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 128–134.

Warner, S., & Kaur, A. (2017). The Perceptions of Teachers and Students on a 21st Century Mathematics Instructional Model. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(2), 193–215. https://doi.org/10.29333/iejme/609

Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2005(November), 388–397.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 andriyani Andriyani, Sitti Nur Djannah, Akmal Akmal, Dede Dwi Aprilia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License