Impelementasi Pembelajaran Holistik Berkonteks Kearifan Lokal di SD Muhammadiyah Kleco
Abstract
SD Muhammadiyah Kleco Yogyakarta merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah yang memiliki permasalahan fokus capaian yang belum menyeluruh dan hanya berfokus pada aspek kognitif intelektual saja. Selain itu, kebiasaan (ketergantungan) siswa di luar jam sekolah yang lebih banyak mengakses smartphone untuk bermain menjadikan siswa kurang mengenal kearifan lokal di sekitarnya. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mengimplemetasikan pembelajaran holistik berkonteks kearifan lokal untuk mengoptimalkan potensi utuh siswa baik itu potensi kognitif-intelektual, emosional, social, spiritual, kreativitas, maupun fisik. Pengabdian masyarakat ini juga bertujuan memberikan penguatan siswa terhadap pemanfaatan sumber daya sekitar yang berbasis kearifan lokal untuk mempertahankan identitas atau ciri khas nilai kemasyarakatan lokal yang diturunkan dari generasi ke generasi. PKM ini diawali dengan koordinasi tim bersama mitra untuk persiapan program pemanfaatan teknologi, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan PKM yang secara terurut dilanjutkan oleh kegiatan: pengukuran kemampuan literasi digital awal siswa; pengenalan dan pembiasaan teknologi/media STREM, pembelajaran holistik terintegrasi STREM dalam konteks kearifan lokal; pengukuran kemampuan literasi digital akhir, workshop pembelajaran holistik untuk guru; koordinasi kegiatan dan evaluasi bersama; serta penyusunan luaran PKM. Kegiatan dilakukan dalam 6 agenda yaitu: workshop persiapan kegiatan pengabdian, implementasi 1, impelemntasi 2, implementasi 3, monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengabdian bersama sekolah, dan penyusunan laporan kegiatan. Implementasi pembelajaran holistik berkonteks kearifan lokal ini, diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran di SD Muhammadiyah Kleco yang dapat mengefektifkan pembelajaran menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan siswa di SD Muhamamdiyah tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fathiah, Kaniawati, I., Utari, S. (2015). Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 111-118.
Seagal, K. Ya. (2022). Development of Punctuation theory in First Quarter of 21st Century: Main Trends. Nauchnyi Dialog, 11(2).
Waite, A. M., & McDonald, K. S. (2019). Exploring Challenges and Solutions Facing STEM Careers in the 21st Century: A Human Resource Development Perspective. Advances in Developing Human Resources, 21(1).
Safitri, ND., Darmayanti, R., Usmiyatun, U., & Nurmalitasari, D. (2023). 21st Century Mathematics Learning Challenges: Bibliometric Analysis of Trends and Best Practices in Shinta Indexed Scientific Publications. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(1), 136–152.
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2).
Sah, R. W. A., Darmayanti, R., Maryanto, B. P. A., & Choirudin. (2022). Updating Curriculum Through 21st-Century Learning Design. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 127–142.
Putri, C.D., Puspitasari, I.D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA dna Pembelajaran IPA, 4(2), 193-204.
Lay, A.N. & Osman, K. (2018). Developing 21st century chemistry learning through designing digital Games. Journal of Education in Science, Environment and Health, 4(1), 81–92.
Rahmayanti, H., Oktaviani, V., & Syani, Y. (2020). Development of sorting waste game android based for early childhood in environmental education. Journal of Physics: Conference Series, 1434(1), 12029.
Lee, A.Y.L. (2016). Media education in the school 2.0 era: Teaching media literacy through laptop computers and iPads. Global Media and China, 1(4):435–449.
Ichsan, I., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D., Kurniawan, E., Dewi, A., Wirdianti, N., Hermawati, F., & Marhento, G. (2020). Covid-19 dan E-Learning: Perubahan strategi pembelajaran sains dan lingkungan di SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 50-61.
Raman, L., & Zamroni, Z. (2014). Pendidikan Karakter Siswa I SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 1 Kota Tidore. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1).
Widodo, H. (2021). Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. Uad Press.
Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran matematika dengan pendekatan stem: systematic literature review. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 149-160.
Sanders, M. (2009). Stem, stem education, stemmania. Skin Research, 41(1), 49–52.
Hasanah, U. (2020). Key definitions of STEM education: Literature review. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education, 16(3), e2217.
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Urgensi pendidikan STEM terhadap literasi sains mahasiswa calon guru sekolah dasar. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 321-326.
Sulistiawati, S., Juandi, D., & Yuliardi, R. (2021). Pembelajaran terintegrasi stem untuk meningkatkan literasi matematis mahasiswa calon guru matematika pada perkuliahan pra-kalkulus 1. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 82-97.
Maisarah, S., Miriam, S., Mahtari, S., & Suyidno, S. (2022). Autonomy-based stem learning: an innovative solution to improve students’ digital literacy. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3)
Andriyani, & Suhendri. (2019). Model Flipped Classroom menggunakan pendekatan problem-based learning. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 289–292.
Rohmah, N. (2019). Literasi digital untuk peningkatan kompetensi guru di era revolusi industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 128–134.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76
Sabarua, J. O., Patalatu, J. S., & Besare, S. D. (2020). Pelatihan pembelajaran daring bagi guru-guru sekolah dasar guna meningkatkan literasi digital di masa pandemi covid-19. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 147–155.
Jayanti, N. S., & Sari, N. (2021). Profesionalisme Kinerja Guru danKemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh terhadap Kualitas Pembelajaran Daring S MK 5 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2)
Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh literasi digital guru dan manajemen pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718-734.
Tuna, Y. (2022). Literasi digital dalam pembelajaran di SD sebagai upaya peningkatan kualitas pendidik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 andriyani Andriyani, Widodo Hendro, Rusmining Rusmining, Roy La
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License