Peningkatan kompetensi dasar-dasar membaca kitab gundul MA Muhammadiyah se-Ponogoro melalui pelatihan optimasi kajian taisirul ‘allam

Fadhlurrahman Fadhlurrahman, Fandi Akhmad, Rahma Sabila, Hardi Mahardika

Abstract


Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) dilaksanakan dengan mitra MA Alam Muhammadiyah 5 Pulung, Ponorogo. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra meliputi tiga pokok permasalahan, yakni; 1) Kurang adanya intensitas di dalam pengkajian terhadap ilmu hadits dan ilmu fiqih, 2) Kurang mendalamnya keilmuan siswa berkaitan dengan pemahaman hadits ditinjau dari aspek pemaknaan perkata, 3) Minimnya perangkat keilmuan yang dimiliki siswa untuk mengkaji lebih mendalam makna sebuah hadits. Tujuan PPM ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa berkaitan dengan kaidah nahwu, shorof, dan kode tertentu. Kemudian ditindaklanjuti dengan pendampingan. Adapun metode yang digunakan untuk mencapai tujuan program PPM dibagi dalam 5 tahap, yaitu; 1) Tahap persiapan terkait kebutuhan dalam pelaksanaan kegiatan dan assessment, 2) Memastikan kembali lembaga mitra untuk bisa turut berpartisipasi, 3) Tahap pelatihan dasar-dasar memahami hadis dalam kitab Taisirul ‘Allam, 4) Pendampingan atau pembinaan untuk mengimplementasikan metode dasar-dasar memahami hadis, 5) Evaluasi untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan yang telah dilaksanakan, meliputi evaluasi proses, akhir, dan evaluasi tindak lanjut. Muh. Yuzril Syamsu Ardhy selaku kepala sekolah MA Muhammadiyah Alam 5 Pulung, Ponorogo. Beliau menyampaikan bahwa kemampuan membaca kitab gundul sudah mulai jarang dimiliki siswa padahal itu merupakan salah satu keahlian yang dituntut bagi siswa lulusan Madrasah Aliyah. Sehingga program ini mendukung adanya mata pelajaran Bahasa Arab yang sudah ada di sekolah Madrasah Aliyah. Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat ini sangat membantu dalam pengembangan softskill bagi para siswa. Dampak sosial yang akan mereka rasakan adalah sikap percaya diri dan jiwa cendekiawan akan selalu tertanam.

Keywords


Membaca Kitab Gundul, Dasar-Dasar Memahami Hadits, MA Muhammadiyah se-Ponorogo

Full Text:

PDF

References


Anhar Anshori. (2019). Kuliah Muhammadiyah Gerakan Tajdid Pendekatan Ideologis, Historis dan Analisis. UAD Press.

Asjmuni Abdurrahman. (2012). Manhaj Tarjih Muhammadiyah Metodologi dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Asmuki, A., & Muhammadiyah, A. (2020). Pembelajaran bahasa arab sebagai dasar pengembangan keterampilan membaca kitab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1). https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.577

Fadhlurrahman, Hardi Mahardika, Munaya Ulil Ilmi. (2020). Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik; Kajian Atas Pemikiran al-Ghazali dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam. Journal of Research and Thought on Islamic Education, 3(1), 72–91.

Haedar Nashir. (2015). Memahami Ideologi Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah.

Komarudin, E., & Sudjatnika, T. (2018). Pelatihan Membaca Kitab Kuning Dan Mengirab Kalimat Berbahasa Arab Di Majlis Ta’lim At-Taubah Cibiuk Garut. Al-Khidmat, 1(1). https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3323

Kuntowijoyo. (2007). Islam sebagai Ilmu. Tiara Wacana.

Mariyam, S. (2021). Hubungan Penguasaan Nahwu Sharaf dengan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pesantren Riyadhul Huda. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1). https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.2828

Mukhlishotin. (2019). Pengaruh Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.235

Rahman, M. L. (2016). KONSEP BELAJAR MENURUT ISLAM. Jakarta: Lentera Hati Konsep Belajar Menurut Pandangan IslamJurnal Ulul Albab.

Syafi’i, A. H. (2020). Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI.

Ubadah, U. (2020). Metode Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). https://doi.org/10.24239/albariq.v1i2.6

Yazida Ichsan. (2019). Rekonstruksi Dan Pengembangan Materi Al-Islam Di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah, Yogyakarta; Jurnal. Al Manar, 8(2), 142–143.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadhlurrahman Fadhlurrahman, Fandi Akhmad, Rahma Sabila, Hardi Mahardika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License