Laboratorium virtual sebagai solusi praktikum IPA Terpadu SMP Muhammadiyah Kabupaten Sleman selama masa pandemic covid-19

Ika Maryani, Okimustava Okimustava

Abstract


Program ini dilatarbelakangi oleh tingginya kebutuhan guru untuk mengembangkan praktikum IPA virtual di SMP, namun pengetahuan dan keterampilannya masih rendah. Program ini bertujuan untuk melatih dan mendampingi guru IPA di SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman agar dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilannya dalam mengembangkan lab virtual. Metode yang digunakan terdiri dari dua tahap yaitu pelatihan sesi pertama secara online (7-8 Juni 2021). Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom meeting dan google classroom. Materi pelatihan adalah konsep pembelajaran IPA terpadu, konsep lab virtual, penggunaan phet dan tracker, pengembangan LKPD, serta pengembangan lab virtual. Selanjutnya dilakukan pelatihan sesi kedua (28-29 Juni 2021) secara online untuk mempresentasikan produk LKPD. Pada tahap pendampingan, peserta mengimplementasikan LKPD ke dalam pembelajaran di sekolah pada bulan Juli-Agustus 2021. Untuk mengukur keberhasilan program, tim pelaksana melakukan evaluasi motivasi peserta selama mengikuti pelatihan menggunakan motivation strategies for learning questionnaire (MSLQ) serta angket respon. Setelah pelatihan, dilakukan evaluasi penggunaan PhET dan Tracker. Pemahaman guru dapat ditingkatkan melalui pelatihan ini. Guru yang awalnya belum mampu menggunakan platform lab virtual seperti PhET dan Tracker, sekarang sudah meningkat kemampuannya. Motivasi guru tergolong sedang-tinggi saat diukur menggunakan MSLQ. Oleh karena itu dapat dikatakan ada peningkatan pengetahuan dan keberdayaan guru mitra melalui program ini.

Keywords


laboratorium virtual, IPA terpadu, sekolah menengah pertama

Full Text:

PDF

References


Budai, T., & Kuczmann, M. (2018). Towards a modern, integrated virtual laboratory system. Acta Polytechnica Hungarica, 15(3), 191–204. https://doi.org/10.12700/APH.15.3.2018.3.11

Estriegana, R., Medina-Merodio, J. A., & Barchino, R. (2019). Student acceptance of virtual laboratory and practical work: An extension of the technology acceptance model. Computers and Education, 135, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.010

Hidayah, R., Sukarmin, S., & Lutfi, A. (2017). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Sebagai Media Pembelajaran Kimia Bagi Guru Di Mgmp Kimia Kabupaten Banyuwangi. Jurnal ABDI, 2(2), 87. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p87-90

Hidayat, F. A., & Fathurrahman. (2018). Pendampingan Pemanfaatan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran IPA. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–14. https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/154

Kim, C., Park, S. W., & Cozart, J. (2014). Affective and motivational factors of learning in online mathematics courses. British Journal of Educational Technology, 45(1), 171–185. https://doi.org/10.1111/J.1467-8535.2012.01382.X

Metallidou, P., & Vlachou, A. (2007). Motivational beliefs, cognitive engagement, and achievement in language and mathematics in elementary school children. Wiley-Blackwell, 42(1), 2–15. https://doi.org/10.1080/00207590500411179

Riswanto, R. (2018). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Fisika Virtual Bagi Guru-Guru Muhammadiyah Kota Metro. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 102. https://doi.org/10.23960/jss.v2i3.117

Tüysüz, C. (2010). The effect of the virtual laboratory on students’ achievement and attitude in chemistry. International Online Journal of Educational Sciences, 2(1), 37–53. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/55398446/Effect_Virtual_lab.pdf?1514534194=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DThe_Effect_of_the_Virtual_Laboratory_on.pdf&Expires=1613283032&Signature=VjlSWbmXAJiDTkTjR8HAQcD5oRocjLvnMKGqCTGSaPGEbAthRL

Wolf, T. (2010). Assessing student learning in a virtual laboratory environment. IEEE Transactions on Education, 53(2), 216–222. https://doi.org/10.1109/TE.2008.2012114


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ika Maryani, Okimustava Okimustava

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License