Peningkatan Kesadaran Hukum Perlindungan Data Pribadi Melalui Penyuluhan Regulasi dan Analisa Hukum di Era Pandemi dan Kemajuan Teknologi
Abstract
Minimnya kegiatan sosialisasi pengetahuan dan regulasi mengenai data protection and privacy dan cyber-crime di lingkungan SMAN 5 Yogyakarta mengakibatkan kurangnya kesadaran terhadap urgensi perlindungan data pribadi. Selain itu, terbatasnya keterampilan analisa dan membangun logika hukum sederhana menyebabkan kurangnya kewaspadaan terhadap kejahatan siber yang sedang marak terjadi. Dalam rangka peningkatan kesadaran hukum perlindungan data pribadi dan kewaspadaan cybercrime bagi kalangan generasi muda, maka diperlukan penyuluhan regulasi dan pelatihan analisa hukum mengenai data protection, privacy dan cyber-crime.
Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah (1) pendampingan siswa-siswi SMAN 5 Yogyakarta untuk memahami konsep dan regulasi data protection and privacy; (2) pelatihan melakukan analisa dan membangun logika hukum sederhana untuk meningkatkan kesadaran urgensi perlindungan data pribadi dan kewaspadaan terhadap cybercrime. Metode pertama menitikberatkan pada kegiatan pengenalan hukum dan transfer ilmu pengetahuan. Metode kedua fokus pada kegiatan pelatihan membuat analisa dan membangun argumentasi hukum.
Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 26-27 Juni 2021 melalui media Zoom Virtual Meeting. Selain luaran artikel ini, luaran wajib lainnya yang telah dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah video kegiatan yang diupload pada youtube pribadi ketua pengusul, artikel pada media online Kedaulatan Rakyat, dan peningkatan keberdayaan mitra yang terlihat dari meningkatnya pemahaman dan keterampilan peserta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. Rayuwati, “How educational technology innovates distance learning during pandemic crisis in remote areas in Indonesia?,” Int. Res. J. Manag. IT Soc. Sci., vol. 7, no. 6, pp. 161–166, 2020, doi: 10.21744/irjmis.v7n6.1032.
B. Williamson, “Education technology seizes a pandemic opening,” Curr. Hist., vol. 120, no. 822, pp. 15–20, 2021, doi: 10.1525/curh.2021.120.822.15.
C. Rochman and C. S. R. Pertiwi, “Learning at Covid-19 Pandemic Era: Science Technology Engineering and Mathematic Competencies and Student Character,” SEJ (Science Educ. Journal), vol. 4, no. 2, pp. 129–142, 2020, doi: 10.21070/sej.v4i2.574.
R. W. A. W, M. V. Poluakan, D. Dikayuana, H. Wibowo, and S. T. Raharjo, “Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0,” Focus J. Pekerj. Sos., vol. 2, no. 2, p. 187, 2020, doi: 10.24198/focus.v2i2.26241.
C. Sundari, “Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia,” Pros. Semin. Nas. DAN CALL Pap., no. Fintech dan E-Commerce untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif, pp. 555–563, 2019.
M. P. Rezky, J. Sutarto, T. Prihatin, A. Yulianto, I. Haidar, and A. Surel, “Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., vol. 2, no. 1, pp. 1117–1125, 2019.
A. Gogus and Y. Saygın, “Privacy perception and information technology utilization of high school students,” Heliyon, vol. 5, no. 5, 2019, doi: 10.1016/j.heliyon.2019.e01614.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Uni Tsulasi Putri, Bita Gadsia Spaltani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License