Pelatihan pengembangan portofolio elektronik siswa bagi Guru SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Raden Muhammad Ali, Hermanto Hermanto, Vera Yuli Erviana, Novita Indriani, Zurara Ryanda, Fianty Nada Huwaida, Rani Pamungkas

Abstract


Pembelajaran secara daring  selama masa pandemi Covid 19 telah menuntut Guru memiliki pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi yang  memadai agar proses belajar mengajar  menarik dan efektif. Cara yang banyak direkomendasikan adalah penggunaan portofolio elektronik. Pembelajaran model ini memberikan kesempatan kepada siswa menunjukkan dan mendiskusikan hasil kerja mereka seperti jawaban soal, produk, unjuk kerja, pemahaman, ide, serta refleksi atas apa yang sudah dan belum  mereka fahami. Karena masih banyak Guru dan siswa yang belum memiliki keterampilan yang cukup dalam pengembangan portofolio elektronik, maka diselenggarakan pelatihan. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Guru-Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) agar nantinya dapat membimbing para anak didik mengembangkan portofolio elektronik berbasis Google Sites.  Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode  daring terbimbing selama 2 (dua) hari dan diikuti oleh 20 (dua puluh) Guru dari berbagai bidang studi.. Hasil pelatihan ini adalah: (1) pengetahuan peserta tentang pengembangan portofolio elektronik bertambah secara signifikan, (2) keterampilan peserta mengembangkan portofolio elektronik berbasis Google Sites sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh guru, meningkatkan pemahaman dan keterampilan Guru tentang pengembangan portofolio elektronik, serta meningkatkan motivasi Guru di dalam mengajar. 

 

 


Keywords


pelatihan, pembelajaran daring, portofolio elektronik, Google Sites

Full Text:

PDF

References


Bylieva, D., Bekirogullari, Z., Lobatyuk, V., & Nam, T. (2020). Analysis of the Consequences of the Transition To Online Learning on the Example of Mooc Philosophy During the Covid-19 Pandemic. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(4), 1083–1093. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.84103

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Song, B. K. (2020). E-portfolio implementation: Examining learners’ perception of usefulness, self-directed learning process and value of learning. Australasian Journal of Educational Technology, 37(1), 68–81. https://doi.org/10.14742/ajet.6126

Tria, J. Z. (2020). The COVID-19 Pandemic through the Lens of Education in the Philippines: The New Normal. International Journal of Pedagogical Development and Lifelong Learning, 1(1), ep2001. https://doi.org/10.30935/ijpdll/8311


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Raden Muhammad Ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License