Pelatihan pengembangan soal HOTS berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kompetensi guru SD Muhammadiyah Mertosanan

Mukti Sintawati, Hengkang Bara Saputro

Abstract


Kemampuan mengembangkan soal merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa, guru harus mampu mengembangkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Namun ternyata kemampuan mengembangkan soal dan menyajikan dengan teknologi tersebut belum sepenuhnya dimiliki guru-guru SD Muhammadiyah Mertosanan. Alternatif solusi bagi permasalahan pada mitra yaitu memanfaatkan Subject Spesific Pedagogic (SSP) etnomatematika sebagai sumber belajar guru untuk mengembangkan soal HOTS berbasis etnomatematika. Soal-soal yang dikembangkan guru akan memiliki konteks budaya agar lebih menarik bagi siswa. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Juni 2021. Hari pertama kegiatan dilaksanakan secara tatap muka di SD Muhammadiyah Mertosanan. Hari kedua dilaksanakan secara daring melalui whatsapp group. Peserta kegiatan ini sebanyak 20 guru yang berasal dari guru SD Muhammadiyah Mertosanan dan guru SD di wilayah Banguntapan. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 2 orang. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pengetahuan guru dari perbandingan hasil pretes dan postes serta hasil produk pengembangan soal HOTS Matematika berbasis budaya.

Keywords


etnomatematika, HOTS, TPCK

Full Text:

PDF

References


Agyei, D.D & Voogt, J. 2012. Developing technological pedagogical content knowledge in pre-service mathematics teachers through collaborative design. Australian Journal of educational technology. 28 (4), pp 547-564.

Alfiatin, .L. & Oktiningrum, W. 2019. Pengembangan soal higher order thinking skills berbasis budaya jawa timur untuk mengukur penalaran siswa SD. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), vol 2 (1). Pp. 30-43.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98–108.

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Hinger Other Thingking Skill in Your Classroom. Virginia: ASCD

Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.

Febrian,& Astuti, P. 2020. Pemahaman Objek Abstrak Matematika Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bintan. Jurnal Anugerah Vol.2 No.1 hal 13-18.

Krathwohl. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. College of Education. The Ohio State University.

OECD. 2018. PISA Result in Focus.

Permendiknas No. 20 Tahun 2003 pasal 5 Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudi. 2013. Pembelajaran matematika sekolah dasar. Surakarta: UNS Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 mukti sintawati, Hengkang Bara Saputro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License