Penulisan kreatif sastra dalam pembelajaran daring bagi guru bahasa indonesia di Lingkungan Muhammadiyah Temanggung

Purwati Zisca Diana, Rina Ratih Sri Sudaryani

Abstract


Pandemi Covid-19 masih menjadi momok di Indonesia dan berbagai negara, sehingga kegiatan belajar mengajar pun masih dilakukan secara daring (online). Berdasarkan hasil wawancara dengan Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kabupaten Temanggung, banyak siswa dan guru telah merasa jenuh dengan keadaan ini. Guna membangkitkan semangat belajar mengajar dalam pembelajaran jarak jauh ini, guru dituntut lebih kreatif dalam mempersiapkan segala perangkat pembelajaran. Oleh karena itu, pelatihan penulisan kreatif sastra dalam pembelajaran daring ini menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan semangat guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran guna mengatasi kejenuhan siswa. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk peningkatan kemampuan guru dalam penulisan kreatif sastra (cerpen dan puisi), sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah, pelatihan, praktik, dan pendampingan. Hasil kegiatan tahap I adalah artikel yang dimuat di media massa Kedaulatan Rakyat baik online maupun cetak, dan dampak pada kegiatan ini adalah adanya peningkatan keberdayaan mitra pada  pengetahuan dan keterampilan para guru dalam menulis karya sastra khususnya puisi dan cerpen.


Keywords


pelatihan, penulisan kreatif sastra, pembelajaran daring

Full Text:

PDF PDF

References


Ahmad, S. (1978). Penglibatan dalam Puisi. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors SDN. BHD.

Altenbernd, L., & Lislie L. Lewis. (1970). A Handbook for the Study of Poetry. London: Collier-MacMillan Ltd.

Armariena, D. N. (2018). Penulisan Puisi Bertema Lokal Budaya Dengan Model Sugesti Imajinasi Mahasiswa. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2248

Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. (2017). Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Dengan Metode Image Streaming Dalam Proses Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 97–103. Retrieved from www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/pembahsi/article/.../1287/1122

Nambiar, R. M. K., Nor, N. M., Ismail, K., & Adam, S. (2017). New learning spaces and transformations in teacher pedagogy and student learning behavior in the language learning classroom. 3L: Language, Linguistics, Literature, 23(4), 29–40. https://doi.org/10.17576/3L-2017-2304-03

Pradopo, R. D. (1997). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratih, R. (2020). Do Teacher or Lecturers Need to Write Children’s Literature. Yogyakarta: Elmatera.

Sudjiman, P. (1992). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Washadi, Nur, A. M., Wildan, M., & Koebanu, S. (2021). Pelatihan Penulisan Puisi dan Cerpen di Kalangan Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Daerah Kota Tangerang Selatan. Pekodimas, 1(2), 174–180. Retrieved from http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas/article/view/11726


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Purwati Zisca Diana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License