Peningkatan kapasitas inovasi pembelajaran Ismuba masa pandemi covid-19 melalui aplikasi Nearpod di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro

Mhd Lailan Arqam, Erik Tauvani Somae, Ahmad Muslih Atmojo, Tian Khusni Akbar

Abstract


Permasalahan yang melatari kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan kapasitas inovasi pembelajaran Ismuba yang bertransformasi dari pembelajaran tatap muka (offline) menuju pendidikan non-tatap muka (online) di masa pandemi covid-19. Hal ini menjadi penting karena selain memunculkan daya tarik dalam pembelajaran itu bergantung pada pola yang pendidik terapkan sehingga peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan atraktif, juga peranan mata pelajaran Ismuba yang merupakan ‘ruh’ di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan inovasi belajar bagi para guru Ismuba melalui aplikasi nearpod yangt digunakan dalam proses pembelajaran Ismuba. Solusi diberi perlakuan dengan cara memberikan wawasan inovasi pembelajaran sebagai upaya dalam membangun mentalitas inovasi belajar serta memberikan pelatihan pengembangan belajar melalui aplikasi nearpod. Metode Pelaksanaan dengan melakukan pelatihan secara offline kepada guru-guru Ismuba, mulai observasi lapangan, forum group diskusi, dan pelatihan teknikal pembelajaran berbasis nearpod. Kegiatan ini juga dilaksanakan bersamaan dengan Program Pemberdayaan Ummat (Prodamat) MPAI UAD yang melibatkan mahasiswa sedari awal hingga akhir. Tanggal Pelaksanaan 5, 6, 7, 8 Juli dan 25 Agustus 2021. Hasil dari pelatihan ini terbukti meningkatkan wawasan dan terampil dalam mengembangkan pembelajaran berbasis aplikasi nearpod. Luaran yang diperolah dari pelatihan ini adalah terpublishnya pelatihan ini di media massa.

Keywords


Inovasi Pembelajaran, Ismuba, Aplikasi Nearpod

Full Text:

PDF

References


Annur, M. F. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 195–201.

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(September), 53–56. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Wang, J., & Chia, I. (2020). Engaging Students via Nearpod ® in Synchronous Online Teaching . Management Teaching Review. https://doi.org/10.1177/2379298120974959

Wijoyo, H. (2021). Efektifitas Proses Pembelajaran Masa Pandemi. Insan Cendekia Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mhd Lailan Arqam, Erik Tauvani Somae, Ahmad Muslih Atmojo, Tian Khusni Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License