Digitalisasi guru & konservasi sociocultural: pelatihan pembuatan media pembelajaran digital berbasis indigenous knowledge

Kirana Prama Dewi, Probosiwi Probosiwi, Kurnia Dewi Anggraeny, Ika Yulianti

Abstract


Perkembangan pembelajaran saat pandemi Covid-19 menuntut adanya perubahan pembelajaran bagi guru dan peserta didik. Situasi pandemik dan diperkuat dengan tantangan menghadapi era revolusi industri 4.0 menuntut guru dan peserta didik menyesuaikan diri dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring dan pembelajaran di era digital. Peran teknologi dan informasi bagi kegiatan pembelajaran saat ini tentu sangat penting. Guru masih memegang peran penting yang sangat diperlukan dalam membekali dan membentuk kepribadian peserta didik di era digital dan menjadikan tantangan yang semakin berat. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan pelatihan diarahkan pada pembuatan media pembelajaran digital berbasis indigenous knowledge bagi guru Sekolah Dasar agar konservasi sosial-budaya peserta didik tetap terjaga. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya-jawab, dan unjuk kerja (praktik). Kegiatan dilaksanakan tanggal 22 Juni dan 26 Juni 2021, proses pendampingan dilaksanakan bulan Juli – Agustus 2021. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yaitu peserta diberi materi dan dilanjutkan praktik pembuatan media pembelajaran digital berbasis indigenous knowledge berbantuan software Adobe Premiere. Rerata skor pengetahuan guru mengalami peningkatan yaitu dari skor 61 menjadi 81. Media pembelajaran digital yang dihasilkan guru berada pada kategori “Baik”.

Keywords


digitalisasi guru, media pembelajaran digital, indigenous knowledge

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. Journal Human Behavior and Emerging Technologies, March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937.

Fajriana, A. W. & Aliyah, M. A. (2019). “Tantangan Guru dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di Era Milenial”. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 Nomor 2. ISSN: 2614-8013. Halaman 246-265. DOI: https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.324.

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013.

Indriyani, Lemi. (2019). “Pemanfaatan Media Pembelajaran salam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa“. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No. 1, 2019, hal. 17-26.

Juliantoro, Mohamad. (2017). “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal al–Hikmah. Vol. 5 No. 2 Oktober 2017. Pg. 24-38.

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume, 5 (1).

Kuswanto, Joko & Radiansah, Ferri. (2018). “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI”. Jurnal Media Infotama, Vol. 14 No. 1, Februari 2018. ISSN 1858– 2680. Halaman 15-20.

Nugraha, Jevi. (2020). “6 Jenis Media Pembelajaran Beserta Contoh dan Manfaatnya”. Diunggah Rabu, 3 Juni 2020 09:14. https://www.merdeka.com/jateng/6-jenis-media-pembelajaran-beserta-contoh-dan-manfaatnya-kln.html (diakses 5 Februari 2021, diakses tanggal 5 Februari 2021, pukul 16.00 WIB).

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 20200205. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kirana Prama Dewi, Probosiwi Probosiwi, Kurnia Dewi Anggraeny, Ika Yulianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License