Pelatihan arabic storytelling untuk peningkatan hasil belajar ISMUBA di SMA/SMK/MA Muhammadiyah se-Yogyakarta
Abstract
Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah Muhammadiyah yang tergabung dalam ISMUBA (al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) yang menjadi ciri khas sekaligus identitas sekolah dan madrasah Muhammadiyah. Meski diwajibkan, tetapi tingkat literasi Arab di kalangan siswa SMA/SMK/MA Muhammadiyah masih belum mencapai target yang diharapkan. Para guru Bahasa Arab yang merupakan mitra pengabdian mengeluh banyak menemui kesulitan di kelas, terutama ketidakmampuan siswa menerima materi akibat sulitnya mempelajari berbagai kemahiran berbahasa Arab, ditambah masih banyaknya siswa yang belum mengenal baca-tulis al-Quran karena berasal dari sekolah umum. Berdasarkan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh mitra itulah pengabdian ini diinisiasi, dengan memanfaatkan hasil penelitian terdahulu tentang keunggulan metode storytelling dalam mempelajari bahasa bagi siswa. Metode yang digunakan di dalam pengabdian ini adalah dengan mengadakan pelatihan inovasi pembelajaran Bahasa Arab bagi para guru ISMUBA dan mengujicoba penggunaan metode storytelling pada siswa SMK Muhammadiyah Bantul sebagai sampel kelompok kecil. Hasil yang diperoleh, para siswa masih kesulitan dalam memahami materi Bahasa Arab yang diberikan meskipun mengaku bersemangat mempelajari Bahasa Arab dengan menggunakan metode tersebut. Dampak yang diperoleh dari pengabdian ini adalah siswa mencoba sebuah alternatif metode pembelajaran inovatif yang sebelumnya tidak pernah diberikan oleh guru, jika dilanjutkan dengan materi lain peluang untuk membuat siswa tertarik mempelajari Bahasa Arab akan semakin terbuka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hidayati, N. N. (2019). Storytelling: One Package Learning in Improving Language Skill and Implanting Character Education on Children. Edukasi, 07(02), 53–72.
ISMUBA Sebagai Identitas Lembaga Pendidikan Muhammadiyah - Berita Muhammadiyah | Universitas Muhammadiyah Malang. (n.d.). Retrieved January 14, 2020, from http://www.umm.ac.id/id/muhammadiyah/14856.html
Khasatri, M. (2013). Pengembangan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah. Bahasa Dan Seni, 41(1).
Lucarevschi, C. R. (2016). The Role of Storytelling in Language Learning: A Literature Review. Working Paper of the Linguistics Circle of the University of Victoria, 26(1), 24–44.
Muhyiddin. (2018). 50 Persen Umat Islam Indonesia Belum Bisa Baca Alquran. https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/10/11/pgfc9e366-50-persen-umat-islam-indonesia-belum-bisa-baca-alquran
Which countries have the 10 largest Christian and Muslim populations? | Pew Research Center. (n.d.). Retrieved January 13, 2020, from https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/04/01/the-countries-with-the-10-largest-christian-populations-and-the-10-largest-muslim-populations/
Zuhriyah, M. (2017). Storytelling to Improve Students’ Speaking Skill. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 119–134.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Betty Mauli Rosa Bustam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License