Pengembangan media audiovisual berbasis grafis di SD INTIS School Yogyakarta

Unik Hanifah Salsabila, Deslaely Putranti, Difa’ul Husna

Abstract


Pelatihan media audiovisual berbasis grafis pada mata pelajaran Al-Qur’an bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru terhadap ketersediaan media ajar alternatif untuk kebutuhan belajar daring dan meningkatkan keterampilan guru dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran online menggunakan aplikasi Canva dan VideoScribe. Permasalahan yang dihadapi adalah minimnya wawasan guru di sekolah mitra terhadap alternatif media pembelajaran daring, dan minimnya keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring, khususnya untuk mata pelajaran Al-Qur’an. Metode kegiatan berupa sosialisasi pemanfaatan media ajar alternatif untuk pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) online, pelatihan pembuatan media ajar Al-Qur’an menggunakan Canva dan VideoScribe. Peserta terdiri dari 8 orang guru Al-Qur’an, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), guru bidang akademik, dan guru kelas, hasil rekomendasi dari lembaga mitra. Pelatihan dilaksanakan pada pada tanggal 19 s.d. 20 Mei 2021 dan 18 s.d. 19 Agustus 2021. Program ini melibatkan 3 orang dosen pengusul dari lintas disiplin ilmu, yakni teknologi pendidikan, digital ethics, serta pendidikan inklusi. Hasil yang dicapai dari program ini adalah; 1) peningkatan wawasan guru mata pelajaran Al-Qur’an terhadap ketersediaan media ajar alternatif untuk kebutuhan belajar daring, dan 2) peningkatan keterampilan guru mata pelajaran Al-Qur’an untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran online menggunakan aplikasi Canva dan VideoScribe.


Keywords


audiovisual; grafis; media ajar; pelajaran Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


E. (Evie) Sopacua and D. (Didik) Budijanto. (2017). Evaluasi 4 Tahap dari Kirkpatrick sebagai Alat dalam Evaluasi Pasca Pelatihan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21049.

F. Budi, (. F. (2021, 2 12). “Putusan No. 5/PUU-X/2012 Tentang Penghapusan RSBI dan SBI,” Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, 2012. https://www.mkri.id/public/content/persidangan/putusan/putusan_sidang_5 PUU 2012-sisdiknas - telah baca 8 Januari 2013.pdf. Retrieved from https://www.mkri.id: “Putusan No. 5/PUU-X/2012 Tentang Penghapusan RSBI dan SBI,” Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, 2012. https://www.mkri.id/public/content/persidangan/putusan/putusan_sidang_5 PUU 2012-sisdiknas - telah baca 8 Januari 2013.pdf

G. D. Salsabila, U. H., Ramadhan, N. F., Putri, M. E., Nurjannah, & Jayanti. (2021). Penggunaan Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa Tingkat SD / MI Pada Masa Pandemi Covid-19. Educ. J. Prim. Educ, 341-360.

Johnson, E. R. (2008). Planning and management for a changing environment: A handbook on redesigning postsecondary institutions. J. Acad. Librariansh, 252-253.

LPPM. (2017). Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat. Yogyakarta: LPPM UAD.

Muadin, M. (2021, 2 12). http://intisschoolyogyakarta.sch.id. Retrieved from http://intisschoolyogyakarta.sch.id: http://intisschoolyogyakarta.sch.id

P. W. Kemdikbud, “. M.-1.-m.-p.-k.-p. (2021, February 12). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 24 Maret 2020. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan

Panchenko, D. (2013). The Sherrington-Kirkpatrick model. Springer Science & Business Media.

RI, K. P. (2020). Keppres No 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Sebagai Bencana Nasional. Jakarta: Kepresidenan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Unik Hanifah Salsabila, Deslaely Putranti, Difa’ul Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License