Pelatihan e-office dan media sosial untuk sekretaris dan staf Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I. Yogyakarta

Jefree Fahana, Ahmad Azhari

Abstract


Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengelola administrasi perkantoran masih belum dikelola secara baik seperti inventarisasi surat masuk masih dicatat di buku besar, penyimpanan arsip surat keluar (Surat Keputusan, Undangan, dan lainnya) dalam satu file dokumen, notulensi rapat masih sulit dilacak dikarenakan pengarsipan yang belum tersimpan secara baik. Apalagi dengan hadirnya kondisi pandemic Covid-19 yang merubah proses bisnis perkantoran yang tadinya bersifat luring beralih ke daring. Kehumasan organisasi dituntut juga untuk mengikuti perubahan ini dalam membangun komunikasi dengan masyrakat. Sehingga untuk menjawab kondisi tersebut, diperlukan suatu pelatihan e-office dan pemanfaatan media social untuk sekretaris dan staf yang ada di lingkungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom dan whatsapp dengan metode ceramah dan Focus Group Discussion, evaluasi kegiatan, dan pendampingan. Hasil pelatihan didapatkan data bahwa peserta pelatihan mengetahu aplikasi e-office sebanyak 89,3% dari sebelumnya yang hanya 19,4%. Sedangkan untuk layanan aplikasi E-Office, peserta pelatihan memahami sebanyak 75% dari sebelum pelatihan yang hanya 16,1%. Hal tersebut menunjukan bahwa pemahaman mengenai pengetahuan seputar materi yang disampaikan mengalami peningkatan.

Keywords


e-office; administrasi perkantoran; media sosial; Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Armstrong, M. (2019). How Many Websites Are There? Statista. https://www.statista.com/chart/19058/how-many-websites-are-there/

Diana, B. A. (2019). Konsep E-Office Menuju Perubahan Pelayanan Birokrasi Berbasis Digital (good governance). Αγαη, 6(1), 9–15.

Fahri, M. E., & Unde, A. A. (2018). Analisis Peran Dan Fungsi Humas Pemerintah Di Era Keterbukaan Informasi Pada Sekertariat Dprd Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 175–183. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/viewFile/6867/3755

Irawan, A. W., Yusufianto, A., Agustina, D., & Dean, R. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2).

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2011). Management Information Systems (12th ed.). Prentice Hall.

Muniroh, L., Nisaa, N. F., Amrozi, Y., & Gavernance, G. (2020). Perancangan Sistem Informasi Administrasi E-Office Pada Dinas XYZ. 11(1), 1–10.

Riyadi, H. (2019). Pengertian Sistem Informasi Beserta Komponen dan Contoh Penerapan Sistem Informasi. Nesabamedia.Com. https://www.nesabamedia.com/pengertian-sistem-informasi/

Surentu, Y. Z., & Rembang, D. M. D. W. M. (2020). Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Pariwisata Kabupaten Minahasa. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 2(4), 1–17.

Tuzzahra, R., & Rahmah, E. (2020). Penggunaan Aplikasi E-Office dalam Pengelolaan Arsip Elektronik di Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Sumatera Barat. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(2), 72. https://doi.org/10.24036/109096-0934

Ummi, P., & Aldri Frinaldi. (2020). Efektivitas E-Office di Dinas Komunikasi dan Informatika Digital. Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul, 1(1), 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jefree Fahana, Ahmad Azhari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License