Pelatihan Model Pembelajaran POE berbasis Edmodo untuk Guru IPA SMP Muhammadiyah Se-Kabupaten Gunung Kidul

Ariati Dina Puspitasari, Toni Kus Indratno, Mustika Wahyuni, Difta Iftiyaqi Wahyuda, Annisa Nur Azizah, Nurmantika Nurmantika

Abstract


Pandemi Covid-19 mempengaruhi seluruh aspek kehidupan tidak terkecuali aspek Pendidikan. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka, tiba-tiba harus dilakukan secara daring. Pembelajaran secara daring mengakibatkan kompetensi peserta didik kurang diperhatikan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru IPA SMP Muhammadiyah Se-Kabupaten Gunung Kidul tentang model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Metode pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan dan praktek pembuatan perangkat pembelajaran fisika berbasis POE. Kegiatan dilaksanakan pada 23-24 Juni 2021 dan Pendampingan Praktek dilaksanakan 3-4 Agustus 2021. Hasil pelatihan adalah peserta mampu mengembangkan desain pembelajaran POE dengan memanfaatkan platform Edmodo dan Quizizz, selain itu terdapat peningkatan pemahaman peserta terhadap materi pelatihan dengan kategori tinggi.

Keywords


POE Learning Model, Edmodo, Gunung Kidul

Full Text:

PDF

References


Bilkisda, I,Z., & Sudibyo, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-learning Edmodo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains Unesa. Vol 9, No 2, Hal 193-198.

Diarini, I Gusti AAS, dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melaui Pembelajaran Daring untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol 3. No.2.

Hake, R. R. (1998). Ineractive-engagement versus traditional methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics test data for Introductory Physics Courses. American Association of Physics Teachers. Volume 66, Number 1, 64-74. Januari 1998

Immawan, Cuk. Remote Laboratory pada Pembelajaran Fisika di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Fisika 6.0 (2020). Diakses dari http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/1234/1114

Kusuma, Yoselia Alvi. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring (Online) Fisika Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA di SMA Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Universitas Sanata Dharma. Diakses dari https://repository.usd.ac.id/37682/2/161424005_full.pdf

Napsawati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di tengah Wabah Covid-19. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. Vol 3 No 1 Hal 6-12

Suyanto, Y.P., Susanto, H., & Linuwih, S. (2012). Keefektifan Penggunaan Strategi Predict, Observe, Explain untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Unnes Physics Education Journal. Mei 2021, 15-25

Ulfah, Rani Yatin, dkk. (2020). Kendala Mahasiswa Dalam Menggunakan Simulasi Virtual Phet Pada Pembelajaran Praktikum Gelombang Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika. Diakses pada http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/1715


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ariati Dina Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License