Pelatihan dan pembuatan media pembelajaran cara membaca Al-Qur’an di TPA Masjid Darul Ulum Kelurahan Argomulyo, Sedayu, Yogyakarta

Dwi Normawati, Nur Rochmah DPA, Anna Hendri Soleliza Jones

Abstract


Program Pengabdian Masyarakat (PPM) dilakukan oleh Tim Dosen Teknik Informatika UAD berkerja sama dengan Pimpinan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid Darul Ulum, Argomulyo, Sedayu, Yogyakarta (Mitra). TPA adalah wadah pendidikan non formal belajar agama islam selain di bangku sekolah. Anak-anak di TPA diajarkan cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun, pembelajaran di TPA yang biasa-biasa saja menyebabkan anak-anak kurang bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran, fasilitas yang serba terbatas menyebabkan kegiatan pembelajaran di TPA tidak berjalan secara optimal, ditambah lagi keadaan pandemi menyebabkan kegiatan TPA terhenti dan orang tua tidak memberikan ijin anak-anaknya untuk belajar dan berkumpul di Masjid. Kegiatan PPM yang dilakukan yaitu memberikan solusi dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi multimedia untuk membantu mengajarkan membaca Al-Qur’an dengan benar agar kegiatan belajar mengajar tidak berhenti dikarenakan pandemi. Metode pelaksanaan dengan memberikan pelatihan membuat video media pembelajaran dan mengimplementasikannya dengan dukungan teknologi kepada anak-anak TPA. Hasil kegiatan PPM yaitu video cara membaca huruf hijaiyah, video mengenal tanda baca Al-Qur’an dengan baik dan bener serta Pelatihan untuk pengajar TPA mengenal dan menggunakan software untuk membuat video media pembelajaran. Antusiasme mitra dalam mengikuti kegitan ini, serta meningkatnya keahlian dalam memanfaatkan teknologi multimedia pembelajaran, menjadi tolak ukur yang baik akan keberhasilan kegiatan PPM.

Keywords


Pengabdian Masyarakat, Media Pembelajaran, TPA, Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Khoeron, M. (2021). Keutamaan Membaca Al-Qur’an. Retrieved November 13, 2021, from https://kemenag.go.id/read/keutamaan-membaca-al-qur-an-9n4na

Quran, T. K. A. L., Pendidikan, T., Quran, A. L., Ta, D. A. N., Quran, L., Aulad, L. I. L., … Propinsi, B. (2021). Manajemen pengelolaan taman kanak-kanak al quran, taman pendidikan al quran dan ta’limul quran lil aulad*. Retrieved from https://web.archive.org/web/20131217084213/http://lampung.kemenag.go.id/file/file/subbagHukmas/oqms1352085389.pdf

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Teundang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Bab Ii, Pasal 3, 1 (2003)., 1–21. Retrieved from www.hukumonline.com

Suyitno. (2018). Peran tpw dlm penddkan karakter.pdf. seminar nasional FKIP 2018. Retrieved from www.hukumonline.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Normawati, Nur Rochmah DPA, Anna Hendri Soleliza Jones

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License