Peningkatan Pelayanan Masyarakat Melalui Tertib Administrasi Pondok Tahfidz Putra Darul Ulum Muhammadiyah Galur KulonProgo

Tina Sulistiyani, sukardi sukardi

Abstract


Latar belakang pengabdian ini adalah: hasil survy mitra pengabdian (Pondok Tahfidz Putra Darul Ulum) yang menempati asrama baru mulai 30 Januari 2021, menunjukkan bahwa:aktifitasnya memulai dari dasar, para pengurus pengelolanya kebanyakan orang-orang baru, fasilitasnya terbatas dan kondisinya mengalami banyak permasalahan, antara lain: fasilitas lingkungan sangat terbatas, sumber daya manusianya terbatas, pengelolaan administrasi pondok berangkat dari kondisi awal. Tujuan pengabdian adalah terwujudnya penataan lingkungan dan ketertiban administrasi Pondok Tahfidz Putra Darul Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. Metode yang diterapkan terhadap kondisi mitra adalah: (1) Pemberian contoh: menyiapkan buku-buku yang dibutuhkan untuk pengelolaan adminstrasi, memberi bantuan fasilitas, (2) ceramah dan diskusi pemahaman dan penyadaran memberikan pemahaman pentingnya administrasi pondok untuk melayani santri maupun masyarakat pada umumnya secara baik dan bijak, (3) pemberian motivasi pengelolaan pondok pekerjaan suci. Hasil pengabdian: terjadi peningkatan pemahaman pentingnya tertib administrasi, meningkat pemahaman pentingnya data aset, pemahaman pentingnya administrasi tercatat setiap peristiwa yang terjadi, terdapat peningkatan pelayanan santri. Dampak yang terjadi adalah: halaman asrama terkonblok, buku buku administrasi tersedia, tersimpan dalam rak almari, terpasang tempat jemuran santri dan sebagainya, yang berujung pada peningkatan pelayanan santri dan terjadi peningkatan kemanfaatan fasilitas aset lingkungan.

Keywords


tertib administrasi, pondok Tahfidz, layanan santri

Full Text:

PDF

References


Faeza, M F, and M Tharziansyah. 2021. “Pondok Pesantren Modern Putra Di Martapura.” Lanting Journal of …. http://103.81.100.242/index.php/lanting/article/view/755.

Fahmi Rezha, Siti Rochmah, Siswidiyanto. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kota Depok).” Administrasi Publik (JAP) 1 (5): 981–990.

Indatriani, Ravicha, and Rekho Adriadi. 2019. “Optimalisasi Tertib Administrasi Di Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.” Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik 1 (September): 16–26.

Jayusman, 2011, "Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Desa Berbasis Tertib Administrasi Dalam m Meningkatkan Layanan Masyarakat, se- Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang:116-120.

Khasanah, Uswatun, Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11, Nomor 2 Tahun 2017” 11: 177–198.

Krisdiyanto, Gatot, Elly Elvina Sahara, and Choirul Mahfud. 2019. “Sistem Pendidikan Pesantren Dan Tantangan Modernitas.” Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15 (01): 11–21.

Juriko Abdusamad. 2019 “KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DANi Dan Pelayanan Publik.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Publik Vol.2

Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pimpinan Pusat Muammadiya (2014), Pengelolaan Administrasi dan Keuangan di Cabang dan Ranting Muhammadiyah, Yogyakarta: LPCR PP Muhammadiyah

Maulana, Achmad Ghufron. 2017. “Penyelenggaraan Tertib Administrasi Desa " Fakultas Sosial Ilmu dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember.1-20.

Pratama, M. Rizki. 2013. “Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Nilai Tambah (Value Added) Inovasi Pelayanan Perizinan Bagi Masyarakat Di Kota Kediri).” Kebijakan Dan Manajemen Publik 1 (2): 218–225.

Salim, Agus Syukron . 2019. " Fungsi Al-quran , Sekolah Tinggi, Ilmu Al- Qur-an dan Sains Al-Ishlah. 1: 90–108.

Syafe’i, Imam. 2017. “PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1): 85-103.

Wirawan, Vani. 2019. “Kajian Tertib Administrasi Pertanahan Tanah Kasultanan Dan Tanah Kadipaten Setelah Berlakunya Perdais Yogyakarta.” Jurnal Ilmiah Penegakan Hukum 6 (2): 161–171.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 sukardi sukardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License