Konseling kreatif berbasis seni visual untuk mengatasi burnout selama pandemi covid-19 pada siswa sekolah menengah pertama di Wilayah Kulon Progo
Abstract
Burnout akademik terjadi pada kondisi pandemi covid-19 yang mengakibatkan peserta didik mengalami stres, beban dan faktor psikologis lainnya karena proses pembelajaran yang diikuti menyebabkan peserta didik mengalami kelelahan emosional, kecenderungan untuk depersonalisasi, dan prestasi pribadi yang menurun. Konseling seni kreatif hadir dengan memanfaatkan media seni yang digunakan untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan konseli yang dirasa sulit untuk diungkapkan dan dimengerti hanya dengan komunikasi verbal. Tujuan pengabdian ini adalah konselor dapat menerapakan pelaksanaan layanan konseling agar lebih bermakna bagi konseli. Metode pelaksanaan Pelatihan Konseling Seni Kreatif untuk Mengatasi Burnout di SMP Muhammadiyah di wilayah Kulon Progo ini dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Juni 2021 dengan kegiatan (1) Webinar, (2) Pelatihan, dan (3) Pendampingan, yang diberikan kepada para peserta yaitu Konselor sekolah di Wilayah Kulon Progo. Identifikasi burnout melalui pretest (google form). 2 orang mahasiswa terlibat dalam membantu pengelolaan jadwal, persiapan video conference (Webinar). Hasil dari pelatihan ini dipublikasikan dalam Kabar Berita Daring (Elektornik) Kedaulatan Rakyat dan Mediamu serta Video Pelatihan Konseling Seni Kreatif untuk mengatasi Burnout (Webinar) di SMP wilayah Kulon Progo dalam kanal Youtube. Dampak sebagai Mitra PPM didapatkannya sebuah pelatihan melui daring baik secara sinkron video conference maupun asinkron grup whatsapp dengan berbagai aktivitas yang diberikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elisabeth, C. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/74
Ezeudu, F. O., Attah, F. O., Onah, A. E., Nwangwu, T. L., & Nnadi, E. M. (2020). Intervention for burnout among postgraduate chemistry education students. Journal of International Medical Research, 48(1), 0300060519866279.
INDONESIA, D. (2003). Undang-Undang Rebuplik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Jatmiko, R. B. (2016). PERBEDAAN TINGKAT BURNOUT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PEDAN. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(2), Article 2. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/879
Khusumawati, Z. E. (2015). PENERAPAN KOMBINASI ANTARA TEKNIK RELAKSASI DAN SELF-INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 22 SURABAYA. Jurnal BK UNESA, 5(1), Article 1. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/9933
Kim, B., Jee, S., Lee, J., An, S., & Lee, S. M. (2018). Relationships between social support and student burnout: A meta-analytic approach. Stress and Health, 34(1), 127–134.
Mu’in, F. (2011). Pendidikan karakter: Konstruksi teoretik & praktik.
Reed, K., Cochran, K. L., Edelblute, A., Manzanares, D., Sinn, H., Henry, M., & Moss, M. (2020). Creative arts therapy as a potential intervention to prevent burnout and build resilience in health care professionals. AACN Advanced Critical Care, 31(2), 179–190.
Robins, T. G., Roberts, R. M., & Sarris, A. (2018). The role of student burnout in predicting future burnout: Exploring the transition from university to the workplace. Higher Education Research & Development, 37(1), 115–130.
Simionato, G., Simpson, S., & Reid, C. (2019). Burnout as an ethical issue in psychotherapy. Psychotherapy, 56(4), 470.
Sutarjo, I. P. E., Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri, S. P., & Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M. S. (2014). EFEKTIVITAS TEORI BEHAVIORAL TEKNIK RELAKSASI DAN BRAIN GYM UNTUK MENURUNKAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3740
Tjasink, M., & Soosaipillai, G. (2019). Art therapy to reduce burnout in oncology and palliative care doctors: A pilot study. International Journal of Art Therapy, 24(1), 12–20.
Ugwoke, S. C., Eseadi, C., Onuigbo, L. N., Aye, E. N., Akaneme, I. N., Oboegbulem, A. I., Ezenwaji, I. O., Nwobi, A. U., Nwaubani, O. O., & Ezegbe, B. N. (2018). A rational-emotive stress management intervention for reducing job burnout and dysfunctional distress among special education teachers: An effect study. Medicine, 97(17).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hardi Prasetiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License