Pelatihan penulisan modul berbasis nilai-nilai islam untuk guru SMP Unggulan Aisyiyah Bantul

Muhammad Ardi Kurniawan, Sudarmini Sudarmini, Haryadi Haryadi, Annisa Septiani, Dini Ferdianti

Abstract


Program ini dilatarbelakangi oleh perlunya dikondisikan pembelajaran daring yang menarik, salah satunya adalah membuat bahan sekaligus media pembelajaran yang menarik, termasuk upaya memberikan muatan nilai-nilai Islam. Hal tersebut sangat mutlak dilakukan oleh guru. Pengembangan dan peningkatan menyusun bahan ajar dalam bentuk modul menjadi salah satu alternatif. Tujuan program ini adalah melatih guru-guru untuk menyusun modul dengan memberikan muatan nilai-nilai Islam. Metode program ini adalah pelatihan dengan memvariasi antara pemberian materi dengan pertemuan daring, praktik terstruktur, dan pendampingan secara langsung. Program ini dibantu oleh tiga orang mahasiswa. Hasil program ini berupa terwujudnya modul dalam bentuk cetak ber-ISBN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak dua modul dan satu modul untuk mata pelajaran matematika, IPA, IPS, dan BK. Dampak yang dapat terukur dari program ini adalah terbentuknya keterampilan penyususnan modul tidak hanya untuk guru bahasa Indonesia tapi juga guru-guru bidang studi yang lain.

Keywords


pelatihan guru, modul, nilai-nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Affouneh, S., Salha, S., & Khlaif, Z. N. (2020). Designing quality e-learning environments for emergency remote teaching in coronavirus crisis. Interdiscip J Virtual Learn Med Sci, 11(2).

Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Gaung Perasada (GP) Press.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model pengembangan media pembelajaran adaptif di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1).

Bušelić, M. (2012). Distance learning – concepts and contributions. Oeconomica Jadertina, 2(1).

Darmiatun. (2013. Menyusun modul: bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media

Dhawan, S. (2020). Online learning: A panacea in the time of Covid-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1).

Kusmaryono, Jupriyanto, & Kusumaningish. (2021). A systematic literature review on the effectiveness of distance learning. International Journal of Education, 14(1).

Nurdyansyah, Rais, P., & Aini, Q.. (2017). The role of education technology in mathematic of third grade students in MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1).

Sabri, A. (2007). Strategi belajar mengajar. Ciputat: Quantum Teaching.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Ardi Kurniawan, Sudarmini Sudarmini, Haryadi Haryadi, Annisa Septiani, Dini Ferdianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License