Pelatihan literasi untuk siswa SD Karangwuni menggunakan aplikasi AKSI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52.
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58.
Harini, I. N. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 29–46.
Jariah, S., & Marjani, M. (2019). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01).
KEMDIKBUD. (2019). Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/aksisekolah/
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).
Komalasari, M. D., Wibowo, A., & Anggraeni, D. (2018). Pendampingan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1).
Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah Di SD Dharma Karya. Jurnal Holistika, 3(2), 131–136.
Mustadi, A., Wangid, M. N., Zubaidah, E., & Irvan, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal bagi Guru SD. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 203–208.
Nuroh, E. Z., & Liansari, V. (2017). Digital age literacy in elementary school. Proceedings of the 1st International Conference on Intellectuals’ Global Responsibility (ICIGR 2017). DOI: https://doi. org/10.2991/icigr-17.2018, 29.
PUSLITJAKDIKBUD. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi.
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342.
Wulandari, F., Wulandari, F. E., Febryanti, S. A., & Dewi, E. P. (2021). Penyusunan Program Sekolah Literasi SD/MI Di Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 293–305.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aisyah Akhlaqul Karimah, Agus Supriyanto, Muh Saeful Effendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License