Pelatihan pembuatan media pembelajaran video animasi untuk guru taman kanak-kanak

Narastri Insan Utami, Katrim Alifa Putrikita, Mulianti WIdanarti

Abstract


Pandemi covid merupakan salah satu hal terburuk yang pernah mempengaruhi sistem pendidikan selama satu abad ini. Pandemi covid juga telah menyebabkan penutupan sekolah  terlama yang pernah dialami sepanjang sejarah di seluruh dunia. Di Indonesia, anjuran untuk  melakukan penutupan sekolah dan mengalihkan kegiatan belajar dari rumah telah dilakukan  semenjak bulan Maret 2020. Penutupan sekolah ini juga dilakukan di tingkat pendidikan anak  usia dini yaitu Taman Kanak-Kanak (TK). Artinya, hampir seluruh guru dan siswa TK di Indonesia telah melakukan kegiatan belajar dari rumah selama 1,5 tahun. Dalam rangka untuk tetap mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Guru TK dituntut untuk lebih inovatif dalam memberikan materi yang menarik dan menyenangkan kepada siswa yang belajar di rumah. Di samping itu diperlukan pemanfaatan sumber belajar digital dan sumber belajar lainnya untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Oleh karenanya diperlukan pelatihan kepada guru guru untuk meningkatkan keterampilan mengajar dengan metode daring menggunakan teknologi seperti video. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan guru TK untuk dapat membuat media pembelajaran berupa video animasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara online menggunakan zoom meeting. Pelatihan diikuti oleh seluruh guru yang mengajar di TK X yakni sebanyak tujuh guru. Hasil dari pelatihan yang diberikan adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat video animasi sebagai media pembelajaran


Keywords


pelatihan guru, pembuatan video animasi, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Delviana, E. 2017. Aplikasi Powtoon sebagai media pembelajaran : manfaat dan problemantikanya. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Makasar.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2020. Upaya dan Mitigasi Perguruan Tinggi di Lingkugnan LLDIKTI Wilayah III. http://www.dikti.go.id/kabar-dikti/upaya-dan-mitigasi-perguruan-tinggi-di-lingkungan-lldikti-wilayah-iii/

Hodges,C., Moore, S., Lockee, B., Trust, T. & Bond, A. 2020. The difference between emergency remote learning and online learning. Educause Review, 27.

Lauricella, A.R., Herdzina, J., Robb, M. 2020. Early childhood educator’s teaching of digital citizenship competencies. Journal Computers and Education, 158, 103989. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103989

Melhuish, E., Ereky-Steven,K., Stevans, K., Petrogiannis, K., Ariescu, A., Penderi, E., et al. 2015. A review of research on the effects of early childhood education and care (ECEC) upon child development. : CARE project; Curiculum Quality Analysis and Impact Review of European Early Childhood Education and Care (ECEC). . https://ecec-care.org/resources/publications/

Ormrod, J.E. 2008. Psikologi Pendidikan, Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Edisi Keenam, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Philani. 2020. Corno virus : Don’t let our children down. https://campaignforeducation.org/en/2020/03/18/coronavirus-dont-let-our-childrendown/

Rafael, M.D., Feka, V.P., Nama, D.Y., Nitte, Y.M., Benu, A.Y. 2021. Pelatihan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Pembelajaran Bahasa Bagi Guru PAUD Pelangi Dan Guru TK Mentari, Balai Pendidikan PAUD Kota Kupang. Pemimpin : Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1- Edisi agustus 2021

Rideout, V.J. 2017. The common sense census : Media use by kids age zero to eight. Common Sense Media. https://www.commonsensemedia.org/research/the-common-sense-census-media-use-by-kids-age-zero-to-eight-2017

Santrock, J.W. 2002. Life-Span Development, Perkembangan Masa Hidup, Edisi Kelima, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Thomas, O., Wulandari A., Efriani. 2020. Pelatihan pembuatan media video pembelajaran berbasis powtoon dalam peningkatan profesionalisme Guru TK Eka Harapan di desa Sigi Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 8 (1).

Unesco. 2020. Unesco’s support : Educational response to Covid 19. https://en.unesco.org/covid19/educationresponse/support

Unicef. 2021. Indonesia : After 18 Months of school closures, children must safely resume face to face learning as soon as possible. https://www.unicef.org/indonesia/press-releases/indonesia-after-18-months-school-closures-children-must-safely-resume-face-face


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Narastri Insan Utami, Katrim Alifa Putrikita, Mulianti WIdanarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License