Pelatihan menulis artikel feature bagi penyandang disabilitas netra di Yogyakarta
Intan Rawit Sapanti, Hana Farida
Abstract
Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah memberikan pemahaman dan mendampingi teman-teman tunanetra agar dapat menulis dan memperkenalkan dunia mereka kepada khalayak luas melalui karya tulisan. Kemampuan menulis dibutuhkan sebagai salah satu capacity building yang diharapkan dapat memberikan keterampilan tambahan yang bermanfaat bagi teman-teman tunanetra yang tergabung dalam komunitas Braille’iant Indonesia yang merupakan komunitas inklusi yang bertujuan mendorong pemenuhan hak-hak difable netra. Artikel feature merupakan sebuah tulisan kreatif jurnalistik yang tidak terlalu kaku dan harus berpatokan pada unsur 5W+1H. Feature berpijak pada jurnalistik sastra tentang suatu situasi, keadaan, atau aspek kehidupan. Tujuan feature ini untuk memberi informasi, sekaligus menghibur khalayak media massa (Sumadiria, 2005). Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan ketrampilan menulis feature bagi penyandang disabilitas tunanetra Komunitas Brailleant. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah dengan memberikan pelatihan dan praktik langsung kepada teman-teman tunanetra komunitas Braileant. Materi yang diberikan adalah pemahaman tentang artikel feature, penggalian ide, praktik penulisan feature, dan penyuntingan. Setelah mendapatkan seluruh materi pelatihan, peserta diminta untuk berlatih menulis feature dengan satu tema yang telah ditentukan, yakni “merdeka” dengan 5 subtema yaitu merdeka dari keterbatasan, merdeka dari stigma, merdeka dalam Pendidikan, merdeka dari ketimpangan sosial, cinta dan persahabatan. Hasil dari pengabdian ini dharapkan teman-teman tunanetra dapat menulis artikel feature yang nantinya akan dibukukan. Luaran wajib dari program pengabdian ini adalah artikel pada jurnal atau artikel pada prosiding seminar nasional LPPM UAD. Selain itu kegiatan pelatihan ini akan divideokan dan diunggah pada akun youtube Sasindo UAD. Publikasi media massa akan dilakukan dengan bekerja sama dengan media massa Kumparan, LLDikti V, News UAD, dan Mojok.co. Hasil tulisan dari peserta juga akan diterbitkan kedalam sebuah buku antologi.
Keywords
Pelatihan Menulis, Feature, Komunitas Tunanetra
References
Alwasilah. (2011). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Harahap, A. S. (2006). Teknik Penulisan Feature. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Pradopo, S. (1977). Pendidikan untuk Anak-Anak Tunanetra untuk Guru SGPLB. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmah, S. (2019). Penerimaan Diri bagi Penyandang Disabilitas. Alhadharah: Jurnal Imu Dakwah, 1-16.
Wardhani. (2007). Pengantar Pendidikan Luar BIasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Intan Rawit Sapanti, Hana Farida
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License