Pelatihan storytelling bagi siswa SMP Muhammadiyah 7 dalam rangka peningkatan keterampilan bahasa inggris
Abstract
Belum adanya pelatihan storytelling di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan kurangnya kesempatan bagi siswa untuk praktik storytelling menyebabkan minimnya keikutsertaan siswa dalam kegiatan storytelling. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta tentang storytelling serta untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kesiapan siswa SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dalam kegiatan storytelling. Program pengabdian kolaboratif ini dilakukan secara daring melibatkan guru dan siswa SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta serta dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan pelaksanaan diawali dengan pengenalan storytelling untuk guru dan siswa dilanjutkan dengan pelatihan roll out TOT storytelling untuk guru. Kegiatan setelahnya adalah pendampingan storytelling untuk siswa dan guru, workshop pengembangan lomba storytelling, kemudian ditutup dengan pelaksanaan lomba storytelling. Hasil yang dicapai adalah bertambahnya pengetahuan, motivasi, dan keterampilan siswa dan guru tentang storytelling. Siswa dan guru dapat mengidentifikasi manfaat dari pelatihan storytelling, serta mendapatkan pengetahuan akan dasar-dasar bercerita, teknik dasar bercerita dan properti yang digunakan untuk bercerita. Selain itu siswa dan guru lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuan bercerita. Setelah rangkaian kegiatan pengabdian ini, guru dan siswa terlatih di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta menjadi lebih siap untuk berkompetisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
As, A. B. (2016). Storytelling to improve speaking skills. English Education Journal (EEJ), 7(2), 194–205.
Brown, H. D., & Lee, H. (2015). Teaching by principles : an interactive approach to language pedagogy. Pearson Education.
Firdaus, F., & Amaniarsih, D. S. (2018). Improving the Tenth Grade Students’ English Speaking Ability Through Storytelling. English Review: Journal of English Education, 7(1), 137. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i1.1533
Marzuki, M., Prayogo, J. A., & Wahyudi, A. (2016). Improving the EFL Learners’ Speaking Ability through Interactive Storytelling. Dinamika Ilmu, 16(1), 15. https://doi.org/10.21093/di.v16i1.307
Nguyen, L. T. and Nguyen, H. B. (2018). The impact of storytelling on high school students’ oral performance. European Journal of English Language Teaching, 3(4), 68–83.
Wardhani, I. P., Chandra, N. E., & Febriyati, E. R. (2020). Students’ Challenges In Performing Story Telling Extracurricular Activities. Lingua Educatia, 2(3), 181–195.
Yan, G. (2019). A Review of the Use of Storytelling to Improve Student’ Oral Proficiency in EFL Teaching. European Journal of English Language Teaching, 5(1), 44–62. https://doi.org/10.5281/zenodo.3334120
Zuhriyah, M. (2017). Storytelling to Improve Students’ Speaking Skill. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 119–134. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 ani susanti, Arilia Triyoga, Astry Fajria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License