MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Pendidikan di sekolah dipercaya oleh masyarakat sebagai media yang ampuh dalam mengembangkan kecerdasan, ketrampilan/perilaku dan sikap/kepribadian peserta didik. Proses pendidikan termasuk layanan bimbingan dan konseling di sekolah perlu dibangun dan dikembangkan secara terus menerus dan bekelanjutan agar dapat menghasilkan generasi yang cerdas, berkeahlian dan berkepribadian luhur. Proses pendidikan ini dapat menggunakan pendekatan manajemen. Karakter manusia melekat pada kepribadian yang nampak dalam pengetahuan, sikap dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Karakter peserta didik dapat berkembang dengan baik, bila mendapat stimulus dan perlakuan pendidikan serta
layanan bimbingan dan konseling dari sekolah dengan seksama. Upaya tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan semangat belajar yang efektif untuk
meningkatkan keberhasilan belajar yang optimal dan karakter peserta didik yang mulia, meliputi karakter terkait dengan diri sendiri, Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia, dan lingkungan: masyarakat, bangsa dan negara, sehingga
menjadi manusia yang berahlaq/budi pekerti luhur bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.
Full Text:
PDFReferences
Azzet, A.M., 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di
Indonesia. Yogyakarta: Arruz Media.
Darmiyati, Zulhandan dan Muhsinatun. 2010.
Pengembangan Model Pendidikan Karakter
Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi
di SD. e-Jurnal. Cakrawala Pendidikan. Universitas
Negeri Yogyakarta.
Koesoema, D.A., 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Lickona, T., Schaps, E., and Lewise, E. 2003. CEP‟S Eleven Principles of Effective Character Education.
Washington DC: Character Education Partnership.
Mulyani. 2010. Model Integrasi Tindak Tutur Direktif dalam Penerapan Pendidikan Ahlaq Mulia dan Karakter Bangsa bagi Pelajar SMA. Jurnal Penelitian Inovasi dan
Perekayasaan Pendidikan No. 2 Tahun ke-1. Agustus
Jakarta: Puslitjaknov
Balitbang Kemendiknas. Permendiknas nomor 19 Tahun
tentang Standar Pengelolaan.
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di
Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, H. 2008. Manajemen, Teori, Praktek dan Riset
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.