EVALUASI PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA

Ika Maryani, Siti Maryam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, yang meliputi: (1) konteks: tujuan GLS dan sesuai dengan kebutuhan siswa; (2) Input: kegiatan siswa dan sarana prasarana; (3) Proses; faktor pendukung dan penghambat; (4) Produk: minat baca dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model CIPP dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi GLS di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,  dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil konteks, tujuan GLS yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan siswa; (2) hasil input, beberapa kegiatan siswa yaitu ekstrakurikuler, kelas berbintang, KBM, dan sarana prasarana cukup lengkap dan dalam kondisi baik; (3) hasil proses, faktor pendukung diantaranya siswa, guru, karyawan, orang tua, dan Kemendikbud. Faktor penghambatnya SDM di sekolah belum maksimal; (4) Perubahan siswa semenjak adanya GLS adalah motivasi membaca siswa semakin meningkat, adanya jurnalistik siswa, karakter siswa semakin baik dengan menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.