DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MEMPELAJARI INFORMASI

Vivi Ratnawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak teknologi terhadap motivasi siswa dalam mempelajari informasi baru dan menyimpan informasi lisan. Prosedur penelitian meliputi penyelesaian dua proyek selama enam minggu masa pembelajaran di kelas. Kelompok pertama membuat proyek membuat buku cerita tradisional. Kelompok kedua menyelesaikan proyek berbasis komputer. Kelompok ketiga diberi pilihan untuk menyelesaikan salah satu proyek. Pengumpulan data dilakukan dengan pre tes dan post test, survey skala Likert, dan wawancara setelah proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika diberi pilihan untuk sebuah proyek, maka siswa menyimpan pengetahuan terlepas dari proyek mana yang dipilih, tradisional maupun yang berbasis komputer. Penelitian ini juga menunjukkan fakta bahwa menyelesaikan sebuah proyek berbasis komputer yang sembarangan bagi sekelompok siswa tidak diperlukan untuk menghasilkan nilai tes yang tinggi. Harus ada keinginan dan motivasi terlebih dahulu dalam menggunakan teknologi untuk bisa berhasil.


Full Text:

PDF

References


Atkinson, E.S. (2000). An investigation into the relationship between teacher motivation and pupil motivation. Educational Psychology,20(1). 45-57.

Cramer, S. and Smith, A. (2002). Technology's impact on studentwriting at the middle school level. Journal of Instructional Psychology, 29(1). 3-14.

Garthwait, A. (2007). Middle school hypermedia composition: A qualitative case study. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 16(4), 357-375

Linnebrink, E.A., and Pintrich, P.R. (2003). The role of self-efficacy beliefs in student engagement and learning in the classroom. Reading & Writing Quarterly, 19

Liu, M., Hsieh, P., Cho, Y., and Schallert, D. (2006). Middle school students' self-efficacy, attitude, and achievement in a computer-enhanced problem-based learning environment. Journal of Interactive Learning Research, 17(3). 225-242.

Nuthall, G. (2000). The role of memory in the acquisition and retention of knowledge in science and social studies units. Cognition and Instruction, 18 (1). Fromhttps://eric.ed.gov/ diakses 10 Pebruari 2017

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon,9(5), http://www.marcprensky.com/writing/Prensky%20-%20Digital%20Natives,%20Digital%20Immigrants%20-%20Part1.pdf, diakses 10 Januari 2017

Sanacore, J. (2008). Turning Reluctant Learners into Inspired Learners. Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 82(1), 40-44

Wolfe, P. (2001). Brain matters: Translating research into classroom practice. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development., https://goo.gl/3Jk1fG, diakses 10 Pebruari 2017

Woolfolk-Hoy, A., & Hoy, W. K. (2009). Instructional leadership: A research-based guide to learning in schools. (3rd ed.) Boston: Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.