BUSAPAKSA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KEKERASAN SEKSUAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Winarto Winarto, Ujang Khiyarusoleh, Aqib Ardiyansyah, Insih Wilujeng, Sukardiyono Sukardiyono

Abstract


Kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia semakin meningkat. Usia korban kekerasan seksual berada di usia sekolah dasar. Salah satu upaya untuk mencegah kekerasan seksual pada anak dengan mengembangkan media Buku Saku Pintar Anti Kekerasan Seksual (BUSAPAKSA) berbasis komik. Tujuan penelitian ini menghasilkan BUSAPAKA untuk meningkatkan pemahaman kekerasan seksual anak untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan Research& Development (R&D). Prosedur penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) analisis kurikulum, (3) penyusunan draf produk, (4)  validasi draf produk oleh ahli, (5) uji coba dan revisi  produk, dan  (6) diseminasi. Hasil penelitian yang dituliskan mencakup hasil prosedur penelitian tahap satu sampai empat. Studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa di kabupaten Brebes, Banyumas, Tegal dan Kota Tegal kekerasan seksual terhadap anak pernah terjadi di rumah sendiri, dan di rumah orang lain. Pelaku kekerasan seksual anak oleh guru, tetangga, teman, dan anggota keluarga dari siswa SD. Belum adanya media yang dapat digunakan untuk melaksanakan pendidikan anti kekerasan seksual anak. Analisis kurikulum dirumuskan tujuan pendidikan anti kekerasan seksual yaitu memberikan infromasi tentang jenis kekerasan, cara mengenali tindakan yang mengarah terhadap kekerasan, dan tindakan pencegahan dan dikemas melalui alur cerita dan teknik komik. Rancangan produk terdiri dari petunjuk penggunaan, isi, dan informasi cerdas tentang kekerasan seksual anak.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan skala pisikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg, W.R. & Gall, M.D (1983). Educational Research: Longman, New York London

Dame, Y. R, Widyana, R, Abdulah, S.R. (2007). Pengaruh Pendidikan Seksualitas Dasar Dengan Metode Dinamika Kelompok Terhadap Penurunan Kecenderungan Perilaku Seksual Pada Remaja. Jurnal Psikologi Insight. 1, (1)

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Haryadi, T., Irawan, D.I.U. (2016). Penanaman nilai dan moral pada anak sekolah dasar Dengan Pendekatan Storytelling Melalui Media Komunikasi Visual. Jurnal Andhorupa, 2 (1)

Lazarini, V. (2011). KDRT dan Pelecehan Seksual dalam Kehidupan AUD. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal

Maharsi, I. (2010). Komik dunia kreatif tanpa batas. Yogyakarta: Kata Buku

Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya. Jurnal Sosio Informa , 1 (1): 15

Nugroho. (2013). Pengembangan Komik Sains Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan Di SMP.Skripsi. Tidak diterbitkan. FMIPA Universitas Negeri Semarang: Semarang

Paramastri, I, Supriyanti, & Priyanto, A.M. (2010). Early Prevention Toward Sexual Abuse on Children. Jurnal Psikologi UGM, 37 (1): 2

Prabosiwi, R., & Bahransyaf, D. (2015). Pedofilia Dan Kekerasan Seksual: Masalah Dan Perlindungan Terhadap Anak. Jurnal Sosio Informa , 1 (1): 30

Rachmawati, F. (2012). Pendidikan Seks Untuk Anak Autis. Elex Media Komputindo: Yogyakarta

Rilianti, P.A, Ima, A.(2011). Play Studi: Educational game “Play Study”Sebagai Media Belajar Pendidikan Seks Bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Portal Garuda (online),http:download.portalgaruda.org/article.php?...PLAY%20STUDY:%20EDUC...02 Maret 2016.

Roqib, Muhammad. (2008). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Insania Tarbiyah, 13, (2)

Saputro, B.H. (2014). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3 (1): 71

Sugiyono. (2014). Cara mudah menyusun skripsi, tesis dan disertasi. Bandung. Alfabeta.

Wijiati, T., & Syafik, A., & Purwoko, Y.R. (2010). Pengembangan Multimedia Komik Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. UIN SUKA: Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.