PENTINGNYA SELF ACCEPTANCE MANAGEMENT BAGI PENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Dian Ari Widyastuti, Muya Barida

Abstract


Kurangnya pengetahuan dan pemahaman pendidik dalam menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mempengaruhi tingkat penerimaan pendidik terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Kondisi demikian seringkali mendorong pendidik membandingkan dan memaksakan kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus sesuai dengan tuntutan yang diberlakukan di sekolah. Self acceptance management merupakan salah satu kemampuan yang dipandang penting dimiliki pendidik Anak Berkebutuhan Khusus agar pendidik dapat menerima keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus sebagai sosok yang perlu mendapatkan bimbingan dan pendidikan seperti halnya anak normal dengan berbagai kelebihan dan keterbatasan yang dimiliki. Penerimaan pendidik terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dapat menjadi faktor penting bagi tercapainya perkembangan Anak Kebutuhan Khusus sesuai dengan kelebihan yang dimilikinya masing-masing. 


Full Text:

PDF

References


Afolabi, OE. (2014). Parents’ Involve and Psycho-Educational Development of Learners with Special Educational Needs (SENs): An Empirical Review. International Journal of Early Childhood Special Education, 6 (2): 177-203.

Amaya, A. C. R., & Tomasini, G. A. (2014). Fostering Awareness and Acceptance of Disability in Mexican Mothers of Autistic Children. Psychology,2014.

Brandens, N. (1998). Self-Esteem Every Day: Reflection on Self-Esteem and Spirituality. New York: The Branden Institute for Self-Esteem.

Brill, R.R. (2000). Emotional Honesty & Self-Acceptance: Education Strategies for Preventing Violence. USA: Xlibris Corporation.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gelfand, D.M & Drew, C.J. (2003). Understanding Child Behavior Disorder-fourth edition. USA: Thomson.

Jamaica Association for the Deaf. (2015). Who Are The Children With Special Needs, (Online), (http://www.jamdeaf.org.jm/articles/who-are-the-children-with-special-needs), diakses pada 9 Februari 2017.

Levitt, S., List, J., Metcalfe, R., & Sadoff, S. (2016). Engaging Parents in Parents Engagement Programs. Society for Research on Educational Effectiveness, 1-6.

Maureen, E.T. (2016). Psychological Evaluation of Attitudes of both Primary Teachers and Special Needs Children towards each other in a Regular School in Yaoundé – Cameroon. Journal of Education and Practice, 7 (6): 63-73.

Pomeroy, EC., & Garcia, RB. (2009). The Grief Assessment and Intervention Workbook: A Strengths Perspective. USA: Cengage Learning.

Satrio. (2015). Inklusi Pendidikan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, (Online), (http://layanandisabilitas.wg.ugm.ac.id/index.php/7-berita/43-inklusi-pendidikan-terhadap-anak-berkebutuhan-khusus), diakses tanggal 9 Februari 2017.

Surbakti. (2009). Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Templar, R. (2011). The Rules of Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Valeeva, R.A, & Kulesza, E.M. (2016). Education for Persons with Special Needs: Polish and Russian Experience. International Journal of Environmental & Science Education, 11 (7): 1619-1629.

Wandberg, R. (2001). Self-Acceptance: Building Confidence. USA: LifeMatters.

With, B. (2011). Why Self Acceptance is so Powerful. Bloomington: Universe, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.