Peran guru dalam pembentukan karakter mandiri pada anak usia dini melalui field trip
Abstract
Pembentukan karakter pada anak usia dini sangat strategis dilakukan pada fase perkembangan ini. Karena, pada fase ini bisa memanfaatkan masa emas (the golden age) dalam proses perkembangannya. Golden age adalah masa yang baik dalam mengarahkan dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksanaan pendidikan karakter memerlukan kerjasama antara pendidik dan orangtua. Metode yang digunakan lebih variatif dengan menciptakan metode pendidikan karakter yang lebih efektif dan efisien, sehingga nilai-nilai karakter dapat tertransformasikan dengan baik. Peran pendidik dan pemilihan strategi, model pembelajaran yang tepat dan efektif sangat diperlukan dalam pendidikan karakter. Oleh karena itu pendidik diharapkan mempunyai kemampuan dalam menanamkan nilai-nilai karakter terutama karakter mandiri terhadap anak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya, mengenai kajian dengan tema yang serumpun dengan mengkaji hasil penelitian ini lebih lanjut.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.