Mewujudkan warga negara demokratis: Kajian sosiokultural penyiapan generasi muda dalam bela negara dan toleransi di era global

Asep Mahpudz, Acep Supriadi

Abstract


Tantangan dalam membentuk warga negara yang demokratis menjadi semakin kompleks dan dinamis di era global. Informasi yang massif, budaya dan nilai-nilai yang beragam di era global ini, sering kali bertentangan dengan nilai-nilai lokal dan nasional. Dalam konteks ini, penanaman nilai-nilai demokrasi, bela negara, dan toleransi kepada generasi muda menjadi sangat penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan materi tentang bela negara dan toleransi yang terintegrasi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan memiliki dampak positif dalam membentuk kesadaran dan sikap demokratis di kalangan mahasiswa sebagai warga negara muda. Mahasiswa menunjukan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya bela negara sebagai bentuk tanggung jawab kewarganegaraan dan toleransi sebagai dasar kehidupan bermasyarakat di era global. temuan ini menegaskan urgensi penguatan program-program pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter warga negara demokratis melalui pendekatan sosiokultural yang adaptif terhadap dinamika globalisasi.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, T., & Lee, A. (Eds.). (2018). Global State of Democracy: Mengkaji Ketahanan Demokrasi. International IDEA. https://doi.org/10.31752/idea.2018.55

Arifin, A. (2022). State Defense Education: The Urgence of Challenges and Opportunities in the Society 5.0 Era. Repository FKIP UNSAP, 22(1), 5042–5051. http://repository.unsap.ac.id/index.php/fkipunsap/article/view/7

Dartono, & Santoso, B. (2022). Globalisasi, Tantangan Pembangunan Kesadaran Bela Negara bagi Generasi Muda. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia Akademi Angkatan Udara |, 4(September), 211–222.

Handoyo, E. (2020). Democratic Challenge in Digital Era. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, 5(1), 66–85. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpi/article/view/23435/10321

Indrawan, J., & Aji, M. P. (2018). Pendidikan Bela Negara Sebagai Mata Kuliah Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 8(3), 1–23.

Korol, L., & Bevelander, P. (2023). Does young adults’ life satisfaction promote tolerance towards immigrants? The role of political satisfaction and social trust. Current Psychology, 42(7), 5599–5610. https://doi.org/10.1007/s12144-021-01923-0

Macedo, S. (2021). Populism, localism and democratic citizenship. Philosophy and Social Criticism, 47(4), 447–476. https://doi.org/10.1177/01914537211009953

Mahpudz, A, Kulyawan, R., & Riandana, T. E. (2021). Menguatkan pendidikan toleransi dan demokrasi bagi pemilih pemula dalam perspektif pendidikan kewarganegaraan global untuk menumbuhkan warga negara cerdas. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 3, 1–8. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/article/view/8651

Mahpudz, Asep. (2024). Penguatan Pembelajaran Toleransi: Solusi Alternatif Menyiapkan Warganegara Global di Era Digital. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 26–37. https://doi.org/10.33830/antroposen.v3i1.6773

Mahpudz, Asep, Palimbong, A., & Lande, A. (2020). Menguatkan Nilai Toleransi Mahasiswa untuk Meneguhkan Jatidiri sebagai Warganegara di Era Global. JCMS (Journal of Civics and Moral Studies), 5(2), 22–32.

Mahpudz, Asep, Palimbong, A., & Lande, A. (2021). Integrasi Nilai Toleransi pada Pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan di perguruan Tinggi di Masa pandemi Covid 19. UCEJ:Untirta Civic Education Journal, 6(1), 58–76.

Melasari, F., Detasari, M., Sriwulan, F., Verliansyah, R., Santi, L., Ariko, R. S., & Reski, O. T. (2021). Pengembangan nilai nilai Demokratis Mahasiswa melalui Pendidikan Kewarganegaraan. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 2(1), 1–7.

Mu’ti, A. (2019). Toleransi Yang Otentik: Menghadirkan Nilai Kemanusiaan dan Keterbukaan dalam Beragama, Berpolitik, dan Peradaban Global. Al-Wasat Publishing House bersama: Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.

Neoh, J. Y., & Saifulloh, A. (2020). Democratic Citizenship: The Case of Indonesia and Singapore. Kappa Delta Pi Record, 56(1), 28–34. https://doi.org/10.1080/00228958.2020.1696091

Ngongo, K. P., & Gafur, A. (2017). Hubungan Keterlibatan dalam Organisasi Badan (BEM) dengan keterampilan berfikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 101–112. involvement%0Ain organization, students’ critical thinking skills and democratic attitudes

Nordholt, H. S. (2018). Identity Politics, Citizenship and the Soft State in Indonesia: an Essay. Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.14203/jissh.v1i1.1

Nugroho, Y. (2011). Citizens in Action: Collaboration, participatory democracy and freedom of information – Mapping contemporary civic activism and the use of new social media in Indonesia-Report. In Research collaboration of Manchester Institute of Innovation Research, University of Manchester and HIVOS Regional Office Southeast Asia. Manchester and Jakarta: MIOIR and HIVOS. University of Manchester’s Institute of Innovation Research & HIVOS Regional Office Southeast Asia.

Nurdin, E. S. (2015). The Policies on Civic Education in Developing National Character in Indonesia. International Education Studies, 8(8). https://doi.org/10.5539/ies.v8n8p199

Pamungkas, S., Wijayanto, Kurniawan, Y., Wiryawan, B., Anggitta, M., & Ruslan, M. (2022). Memperkuat Demokrasi di Indonesia.

Pradana, Y., & Andriyana, A. (2022). Increasing the Spirit of Defending the Country through Citizenship Education in Higher Education. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 2(2), 216–226. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i2.97

Prayitno, A., Rudiyanto, & Sutrisno, E. (2024). The Implementation of National Defense Policy: Understanding the Concept in the Millennial Era. Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e2353. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i1.2353

Purba, A. A., Pakpahan, P. E., & Azizah, N. C. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MTs Swasta 27 Firdaus. Journal on Education, 6(3), 17274–17280. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5649

Ramdhani, H., & Setiawan, M. (2023). Actualization of Political Citizenship Through State Defense Education in The Youth Generations. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 9(1), 93–107. https://doi.org/10.37058/jipp.v9i1.7293

Randiawan, R., Suryadi, K., & Nur, M. (2023). The Concept of Democracy Education as an Effort For Developing The Political Culture of Participating Communities International Journal Pedagogy of Social Studies. International Journal Pedagogy of Social Studies, 8(1), 1–6.

Sadeli, E. H., Zamroni, & Nasiwan, D. (2023). Democracy Education in the Sociocultural Perspective of Indonesian Society. Journal of Law and Sustainable Development, 11(3), 1–20. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i3.368

Wijaya, B. A., Setiawan, F. V., & Santoso, A. H. (2024). Mewujudkan sikap bela negara pada generasi muda dengan menghindari 4 dosa pendidikan. Wissen: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 253–259.

Wijayanto, R., & Marzuki. (2018). Pendidikan Bela Negara Sebagai Tonggak Peradaban Jiwa Patriotisme Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 186–191. https://doi.org/10.17977/um019v3i2p186-191

Yuniarto, B. (2020). Membangun Kesadaran Demokrasi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1), 56–72. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6388


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.