Strategi dan model pendidikan nilai di sekolah

Moh Bahzar, Farid Fadillah

Abstract


Arus globalisasi yang demikian kuat berpotensi menggerus jati diri bangsa. Nilai-nilai kehidupan yang dipelihara menjadi goyah. Perlu-nya kerja sama antara keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menanamkan pendidikan nilai kepada anak sejak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi maupun model pendidikan nilai yang berjalan di sekolah mulai dari tingkat sekolah menengah pertama sampai perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam artikel ini merupakan hasil dari kajian pustaka yang bertujuan untuk menganalisis strategi dan model pendidikan nilai di sekolah. Metode pada tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data yang digunakan meru-pakan sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal, atau dokumen yang berkaitan dengan strategi atau model pendidikan nilai di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dengan menelaah buku, jurnal, atau artikel terkait, setelah data terkumpul maka akan dianalisis dengan mereduksi data, kemudian menyim-pulkan data yang telah dianalisis. Hasil dari kajian artikel ini menunjukkan bahwa model pendidikan nilai dapat diimplementasikan melalui metode dogmatik, deduktif, induktif. Sedangkan strategi pen-didikan nilai di sekolah diterapkan dengan cara nasihat guru, keteladanan, analisis kasus, pembiasaan dan pembudayaan, ekstra-kurikuler & pengembangan diri, kerja sama, dan punishment.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto. (2013). Model dan metode pembelajaran. Unissula.

Afifah, A., & Mashuri, I. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa (Studi Multi Kasus di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo dan SDIT Ghilmani Surabaya. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 187–201. https://doi.org/10.29062/TARBIYATUNA.V3I2.267

Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah (Vol. 7, Issue 1).

Anisah, A. S. (2017). Pendekatan Pembelajaran Analisis Nilai untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Kepedulian Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.52434/JP.V10I1.82

Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius. Riayah, 1(02), 230–240. https://doi.org/10.32332/RIAYAH.V1I02.116

Dalimunthe, R. A. A. (2015). Strategi dan implementasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V0I1.8616

Fakhrudin, A. (2014). Urgensi pendidikan nilai untuk memecahkan problematika nilai dalam konteks pendidikan persekolahan. Pendidikan Agama Islam, 12(1), 79–96.

Frisancho, S., & Delgado, G. E. (2018). Moral education as intercultural moral education. Intercultural Education, 29(1), 18–39. https://doi.org/10.1080/14675986.2017.1405214

Haldane, J. J. (1984). Concept–formation and value education. Educational Philosophy and Theory, 16(2), 22–28. https://doi.org/10.1111/J.1469-5812.1984.TB00105.X

Harshman, R. (1978). Value education processes for an environmental education program. Journal of Environmental Education, 10(2), 30–34. https://doi.org/10.1080/00958964.1979.10801888

Komariah, K. S. (2011). Model Pendidikan Nilai Moral Bagi Remaja Menurut Perspektif Islam. Pendidikan Agama Islam, 9(1), 45–54.

Lee, W. O., Grossman, D. L., Kennedy, K. J., & Fairbrother, G. P. (Eds.). (2004). Citizenship Education in Asia and the Pacific. Springer.

Mitha, M. (Mitha). (2014). Internalisasi Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pkn Pada Siswa Man 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8), 120462. https://www.neliti.com/publications/120462/

Murdiono, M. (2010). Strategi internalisasi nilai-nilai moral religius dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.239

Muttha, S. (2012). Peace, Moral and Value Education-‘Mulyavardhan’: An Innovation for Social Transformation. International Journal of Educational Sciences, 4(3), 231–242. https://doi.org/10.1080/09751122.2012.11890047

Nawawi, A. (2018). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 119–133. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V16I2.1582

Purwaningsih, E. (2010). Keluarga dalam mewujudkan pendidikan nilai sebagai upaya mengatasi degradasi nilai moral. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 1(1), 43–56.

Rifai, A. (2018). Strategi kepala sekolah dalam implementasi pendidikan nilai di sekolah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30659/JPAI.1.1.1-10

Rizal, S., & Munip, A. (2017). Strategi Guru Kelas dalam Mumbuhkan Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Didik (Study Kasus : SDN Pondok Dalem 01 Semboro dan MI Fathus Salafi Ajung Jember). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 45. https://doi.org/10.24235/AL.IBTIDA.SNJ.V4I1.1462

Sanderse, W. (2013). The meaning of role modelling in moral and character education. Journal of Moral Education, 42(1), 28–42. https://doi.org/10.1080/03057240.2012.690727

Scharf, J., Hadjar, A., & Grecu, A. (2019). Applying social production function theory to benefits of schooling: the concept of values of education. British Journal of Sociology of Education, 40(7), 847–867. https://doi.org/10.1080/01425692.2019.1604207

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman nilai-nilai religius di sekolah dasar untuk penguatan jiwa profetik siswa. Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, November, 60–63. http://eprints.uad.ac.id/9629/

Wening, S. (2012). Pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 55–66. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1452

Windrati, D. K. (2011). Pendidikan Nilai sebagai suatu Strategi dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Formatif, 1(1), 234882. https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V1I1.60

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 290–303.

Yusuf, M. (2013). Membentuk karakter melalui pendidikan berbasis nilai. Al-Ulum, 13(1), 1–24. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/178

Zaqiah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Pustaka Setia.

Zuchdi, D. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.224


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.