Penerapan kurikulum outcome based education dalam mewujudkan warga negara demokratis

Akbar Farid, Tri Indrayati

Abstract


Berpikir kritis menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan mahasiswa dalam pembelajaran di perguruan tinggi terutama dalam memcahkan masalah. Kurikulum OBE (Outcome-Based Education) merupakan sistem pendidikan yang dirancang untuk fokus pada outcome bukan hanya berfokus pada materi yang diberikan. Kurikulum OBE (Outcome-Based Education) menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (Case-Base Learning) dan pembelajaran berbasis projek (Project-Based Learning). Proses evaluasi pada kurikulum OBE (Outcome-Based Education) dilakukan secara berkeadilan, rencana evaluasi memiliki bobot penilaian yang bertumpu pada hasil proyek sehingga mahasiswa diwajibkan untuk turut aktif dalam proyek. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum OBE (Outcome-Based Education) dalam mewujudkan warga negara demokratis di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian artikel ini menggunakan metode penelitian Studi Literatur. Studi Literatur merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan sejumlah buku, majalah yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum OBE (Outcome-Based Education) membantu membentuk mahasiswa menjadi warga negara demokratis. Selain itu, kurikulum OBE (Outcome-Based Education), secara tidak langsung menerapkan karakter demokrastis pada mahasiswa. Sebagai warga negara muda, karakter demokratis menjadi bagian penting bagi mahasiswa, nilai-nilai demokratis akan timbul secara otomatis dalam pelaksanaan proyek. Hal ini dapat menumbuhkan nilai demokratis, selain dituntut untuk berfikir kritis dan kreatif dalam menuangkan ide pada proyek yang akan direncanakan.

Full Text:

PDF

References


Banjarnahor, D. N., & Togatorop, F. (2023). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Mewujudkan Demokrasi Konstitusional dan Konstitusionalisme di Indonesia. Journal on Education, 5(4). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1993

Belmawa. (2024). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Menuju Indonesia Emas (Edisi Kelima). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Cikka, H. (2020). Konsep-Konsep Esensial Dari Teori Dan Model Perencanaan Dalam Pembangunan Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.81

Crick, B. (2002). Democracy: A Very Short Introduction. Oxford University Press Inc.

Danial, & Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium PKn Universitas Pendidikan Nasional.

Direktorat Pendidikan Tinggi, R. dan T. (Ditjen D. (2021, September 27). Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023, Perguruan Tinggi Fleksibel Kembangkan Standar Kompetensi Lulusan. Https://Dikti.Kemdikbud.Go.Id/Kabar-Dikti/Kabar/Permendikbudristek-Nomor-53-Tahun-2023-Perguruan-Tinggi-Fleksibel-Kembangkan-Standar-Kompetensi-Lulusan/.

Fadhol. (2023, August 22). Apa Itu Outcome Based Education (OBE)? Konsep dan Penilaiannya.

Febrian, F., & Samawati, P. (2022). Demokratisasi Kewarganegaraan Ganda Terbatas bagi Perkawinan Campuran dalam Perspektif Nilai-nilai Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 2(2). https://doi.org/10.52738/pjk.v2i2.111

Hayat. (2015). Keadilan sebagai Prinsip Negara Hukum: Tinjauan Teoritis dalam Konsep Demokrasi. PADJADJARAN Jurnal Ilmu Hukum, 2(2), 388–408.

Komsiyah, I. (2021). Tantangan Implementasi Outcome-Base Education Dalam Membangun Nilai Karakter Mahasiswa di Masa Pandemik Covid-19. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Kusnadi. (2023). Merdeka Belajar dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan: Suatu Alternatif Pembinaan Siswa Menjadi Warga Negara yang Sadar Hak dan Kewajibannya. 415–429.

Lichandra, F., & Sobarna, A. (2022). Konsep Demokrasi Pendidikan dalam Pemikiran John Dewey dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 215–222.

Martini, M., Saryanto, S Dewi, Y., Hasan, M., Soni, A., P Indra, I. M., Theriana, A., Psdli, H., Said, A., Harahap, T. K., Hasibuan, S., M, H., Kumanireng, L. B., Yasin, Sudarmika, P., & Susilo, M. J. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA OBE (OUTCOME-BASED EDUCATION) DI PENDIDIKAN TINGGI (N. Sumerti, Ed.). CV. Media Sains Indonesia.

Muzakir, M. I., & Susanto. (2023). Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (Obe) Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.61159/edukasiana.v2i1.86

Nadziroh. (2015). Membangun Masyarakat Demokratis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1).

Pritasari, O., Wilujeng, B. Y., & Windayani, N. R. (2023). PENERAPAN KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA DI PRODI S1 PENDIDIKAN TATA RIAS. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1). https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48

Rizki Herlambang, N., Sofwan, A., & Riyadi, M. A. (2023). SISTEM INFORMASI EVALUASI OBE PROGRAM STUDI DAN PENGUKURAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN MAHASISWA. In TRANSIENT (Vol. 12, Issue 3).

Savitri, D. (2024, July 22). Mengenal Kurikulum Berbasis OBE yang Jadi Acuan Penilaian Lembaga Akreditasi. Https://Www.Detik.Com/Edu/Perguruan-Tinggi/d-7451471/Mengenal-Kurikulum-Berbasis-Obe-Yang-Jadi-Acuan-Penilaian-Lembaga-Akreditasi.

Setiono, S., Windyariani, S., & Juhanda, A. (2023). Implementasi Sistem Penilaian Berbasis Oucome Based Education di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.2617

SEVIMA. (2023, September 27). Bingung Memulai Implementasi Kurikulum OBE? Ini Cara Memulai dan Tahapannya dengan SEVIMA Platform . . . Https://Www.Youtube.Com/Watch?V=p-ExytAhor.

Shaheen, S. (2019). Theoretical perspectives and current challenges of OBE framework. In International Journal of Engineering Education (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.14710/IJEE.1.2.122-129

Sumadi, B. K., & Dipopramono, A. (2022). Transportasi, Konektivitas, dan Ketahanan Nasional. PT. Kompas Media Nusantara.

Ubaedillah, A., & Rozak, A. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan (Edisi Revisi). ICCE UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.