Hubungan antara Pancasila dan Piagam Madinah sebagai upaya menjaga keberagaman di Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01), 121-138.
Alzanaa, A. W., & Harmawati, Y. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 51-57.
Arrodhi, M. H. (2021). Implementasi Nilai Moderasi Pada Materi Tasamuh Mata Pelajaran Akidah Akhlak. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(01), 37-49.
Burhanuddin, M. (2019). Conflict mapping Piagam Madinah: analisa latar belakang sosiokultural Piagam Madinah (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Fahruddin, M. M. (2011). Muatan Nilai Dan Prinsip Piagam Madinah Dan Pancasila: Analisa Perbandingan. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 12(1), 96-109.
Fajriah, N. (2019). Kerukunan Umat Beragama: Relevansi Pasal 25 Piagam Madinah Dan Pasal 29 Uud 1945. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 21(2), 162-169.
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100. Hal 97
Husni, Z. M., & Rahman, I. (2020). Islam, Kearifan Lokal, Komunikasi Dakwah; Menakar Konsep Islam Nusantara. Jurnal Islam Nusantara, 4(1), 92-102.
J. Sudarminta, Etika Pluralisme Untuk Indonesia, STF Driyarkara, Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya,2021, hal 100
Lutfi, M., & Siregar, M. A. H. (2021). Model Toleransi Prophetik Di Madinah Pasca Hijrah Dan Relevansinya Terhadap Pluralitas Sosial Budaya Indonesia. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 7(1), 25-35.
Malihah, Elly. 2020. Islam, Keindonesiaan dan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal HIMMAH. Vol. 4. No. 1
Nurhadi, N. (2019). Ideologi Konstitusi Piagam Madinah Dan Relevansinya Dengan Ideologi Pancasila. Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum Dan Konstitusi, 2(1), 107-129.
Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan multikultural di Indonesia: Analisis sinkronis dan diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 105-115.
Nursamsi, S. M. (2019). Tinjauan Maqasid Al-Syari’at tentang hak asasi manusia di dalam Piagam Madinah dan Undang-Undang Dasar 1945 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Perdana, R. Y. (2018). Megenal Sejarah Pancasila
Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 212-222.
Pakpahan, G. K., Salman, I., Setyobekti, A. B., Sumual, I. S., & Christi, A. M. (2021). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya mencegah radikalisme. KURIOS:(Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 7(2), 435-445.
Rahman, M. F., Najah, S., Furtuna, N. D., & Anti, A. (2020). Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Benteng Terhadap Risiko Keberagaman Bangsa Indonesia. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 6(2).
Rusdiana, M. (2020). Aksi Bela Negara Menurut Ajaran Islam Di Masa Pandemi Covid 19 (State Defense Action According To Islamic Teaching In The Covid Pandemic 19). Available At Ssrn 3628388.
Rohman, M. S. (2013). Kandungan Nilai-Nilai Syariat Islam Dalam Pancasila. Millah: Jurnal Studi Agama, 13(1), 205-216.
Sari, N. Y. (2021). Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Bangsa (Pentingnya Rumusan Butir-Butir Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Moral dan Pemersatu Keberagaman Bangsa Indonesia). Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 2(1), 01-21.
Sati, A. L., Marhamah, M., Nurhot, N., & Dewi, U. (2021). Representasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbudaya. Jurnal Syntax Fusion, 1(2), 1-11.
Shobahah, N. (2019). Piagam Madinah Dan Konsep Demokrasi Modern Islam Masa Klasik. Ahkam: Jurnal Hukum Islam, 7, 195-214.
Shomad, B. A. (2013). Piagam Madinah dan Resolusi Konflik. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 8(2), 53-66.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.