Relevansi Nilai-Nilai Tradisi Sedekah Laut di Pesisir Pantai Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi Dengan Nilai Pancasila

Cecep Wijaya, Ardi Afriansyah, Trisna Sukmayadi

Abstract


Tradisi biasanya sebagai sebuah hal yang dilaksanakan turun temurun oleh suatu kelompokadalah tradisi.

References


Damayanti, L. (2018). Makna Sosial Pada Upacara Labuh Saji di Panta nMasyarakat Pesisir Kendal. Diunduh 28 September 2021, from Civiced https://semarang.ayoindonesia.com/kendal.

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kapuas, B. K. (2018). Jurnal Belom Bahadat: Volume VIII No. 2, Juli-Desember 2018 1. VIII (2), 1–23.

Maisnayah & Inayati, L. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Tradisi Meron. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13 (2), 329-350

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, R. D. (2017). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 21.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang Gema Keadilan Edisi Jurnal Gema Keadilan Edisi Jurnal. Gema Keadilan Edisi Jurnal 17, 5 (September), 16–31.

Notonegoro, (1974). Pancasila Dasar Falsafat Negara. Jakarta: Bhina Aksara

Nugroho. M. (2013). Tradisi dan Sedekah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9), 1689-1699.

Octavian. W.A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5 (2), 123-128

Sadjad, R.S (2002) Paradigma Baru Pendidikan Tinggi Untuk Menciptakan Sumber Daya Manusia Unggulan. Makassar

Salim, I. (2020). Alasan Generasi Muda Lebih Menyukai Budaya Asing daripada Budayanya Sendiri. Diunduh 28 September 2021, from Civiced https://www.kompasiana.com/charlesolin

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.