Hubungan antara Iklim Organisasi dengan Work Engagement pada Karyawan Perusahaan Supermarket di Yogyakarta

Chandy Roskar Atmaja, Siti Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara iklim organisasi dengan work engagement pada karyawan. Subjek penelitian yaitu karyawan aktif di salah satu perusahaan supermarket Yogyakarta dengan tidak membedakan masa kerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan skala sebagai alat pengumpulan data. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan skala iklim organisasi dan skala UWES (Utrecht Work Engagement Scale). Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Pearson dengan bantuan komputer program SPSS versi 26.0 for windows. Analisis korelasi product moment menghasilkan (r) sebesar 0,620 dengan taraf signifikansi 0,000 dengan p<0,001 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara iklim organisasi dengan work engagement. Berdaasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara variabel iklim organisasi dengan variabel work engagement menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima, dimana semakin tinggi iklim organisasi maka semakin tinggi work engagement karyawan, dan sebaliknya semakin rendah iklim organisasi maka akan semakin rendah work engagement karyawan. Iklim organisasi memberikan sumbangan sebesar 38,44 %. terhadap work engagement

Keywords


iklim organisasi, karyawan perusahaan supermarket, work engagement

Full Text:

PDF

References


Aulia. (2016). Emotional inteligence, work engagement and organizational commitment of indonesian army personel. Anima Indonesian Psychological Journal, 31, 124-131.

Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2008). Towards A Model Of Work Engagement. Career Development International, 13(3), 209–223.

Bakker, A.B., & Bal, P.M. (2010). Weekly Work Engagament And Performance: A Study Among Starting Teachers. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 83, 189–206.

.

Bakker, A.B., Hakanen, J.J., Demerouti, E. & Xanthopoulou, D. (2007). Job Resources Boost Work Engagement, Particularly When Job Demands Are High. Journal of Educational Psychology, 99, 274-84.

Bakker, A. B., Albrecht., & Leiter, M. P. (2011). Work engagement: further reflections on the state of play. European Journal of Work and Organizational Psychology, 20 (1), 74-88. doi: 10.1080/1359432X.2010.485352

Davis, K. & Newstrom, J.W. (2002). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Hakanen, J. J., Bakker, A. B., & Schaufeli, W. B. (2006). Burnout And Work Engagement Among Teachers. Journal of School Psychology, Volume 43, Issue 6, January 2006, 495-513.

Japarianto, E. (2010). Analisa Faktor Type Hedonic Shopping Motivation dan Aktor Pembentuk Kepuasan Tourist Shopper di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Universitas Kristen Petra. Hal 76-85.

Kahn, W. A. (1990). Psychological conditions of personal engagement and disangagement at work. Academy of Management Journal, 33(4), 692-724.

Koch, T. C. (2013). Organisational Climate and Its Effect on Job Engagement: Exploring the Mediating Effect of Employees’ Level of Job Satisfaction.

Litwin & Stringer. (2011). Motivation And Organizational Climate. Boston: Harvard University Press.

Lussier, R. N. 2005. Human Relations in Organizations: Applications and skills building(6th ed.) New York: McGraw-Hill/Irwin

Marciano, P.L. 2010. Carrots and Stichs Don’t Work Build a Culture of Employee Engagement with the Principles of Respect. Mexico: Mc.Graw Hill.

Olivia, S., & Prihatsanti, U. (2017). Hubungan Antara Iklim Organisasi dengan Work Engagement pada Anggota Sabhara Polda Jateng Semarang. Jurnal Empati, Oktober 2017 Volume 6 (Nomor 4), Halaman 354-361.

Rhoades, L., & Eisenberger, R. (2002). Perceived Organizational Support: A Review of The Literature. Journal of Applied Psychology, 87 (4): 698-714.

Santosa. R. M., & Jatnika.D (2017). Hubungan Resiliensi Dengan Work Engagement Pada Agen Asuransi PT X . Jurnal Ecopsy, Agustus 2017 Volume 4 (Nomor 2), Halaman 117-123

Schaufeli, W.B., & Bakker, A.B. (2004). Job Demands, Job Resources, And Their Relationship With Burnout And Engagement: Amulti-Sample Study. Journal of Organizational Behavior, 25, 293-315.

Sundaray, B. K. (2011). Employee Engagement: A Driver Of Organizational Effectiveness. European Journal of Business and Management, Sandhyaol.3, No.8, 53-60.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Utomo, T.J. (2011). Persaingan Bisnis Ritel: Tradisional Vs Modern (The Competition of Retail Business: Traditional vs Modern). Fokus Ekonomi, 6(1), 122 – 133.

Vardi Y. (2001). The effects of organizational and ethical climate on misconduct at Work.Journal of Business Ethics, 29: 325-33

Wirawan 2007, Budaya dan Iklim Organisasi; Teori Aplikasi danPenelitian,penerbit salemba empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.