Sustainable Behavior: Perspektif Warga Sekolah yang Rawan Banjir di Bogor pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Indonesia seringkali dihadapkan dengan permasalahan banjir yang disebabkan oleh
penumpukan sampah di berbagai tempat sehingga menyebabkan proses belajar menjadi
terganggu, terlebih di sekolah yang dekat dengan aliran sungai. Oleh karena itu, dibutuhkan
adanya perilaku yang berkesinambungan (sustainable behavior) dalam menjaga kelestarian
lingkungan alam, terlebih di situasi pandemi Covid-19 saat ini yang menuntut adanya pola
hidup bersih. Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan membuang sampah
pada tempatnya, menanam pohon, serta memanen air hujan sebagai wujud memanfaatkan
potensi alam untuk kebutuhan hidup dan kelestarian lingkungan, sekaligus mengurangi banjir
dan penyebaran virus penyakit yang ditimbulkan akibat banjir. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sustainable behavior dalam perspektif warga sekolah yang rawan banjir di Bogor
pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Subjek penelitian sebanyak dua orang warga Sekolah SD Daar el Salam, Bogor
yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner
wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga Sekolah SD Daar el Salam
memiliki pemahaman yang baik mengenai sustainable behavior sebagai wujud kepedulian
terhadap alam dan melakukan tindakan nyata dalam menjaga kelestarian alam dan mengatasi
banjir di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Qurán Al’Alim dan Terjemahannya. (2010). Bandung: Al Mizan Publishing House.
An-Nawawi. (2015). Riyadhus Shalihin. Sukoharjo: Al-Andalus.
Bahri, S. & Syafriati, T. (2011). Mewaspadai Munculnya Beberapa Penyakit Hewan
Menular Strategis di Indonesia Terkait dengan Pemanasan Global dan Perubahan
Iklim. WARTAZOA, 21(1) 25-39.
Berutu, S.A. (2020). Banjir Rusak Buku-Komputer Sekolah di Vila Nusa Indah Bogor.
Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4848705/banjir-rusak-bukukomputer-
sekolah-di-vila-nusa-indah-bogor. Accessed in 31/10/2021, 3:13 PM.
Diponegoro, A.M., Khasanah, I. N., Salma, N., Perceka, M. Z., Murti, V. S.,
Vallyzsanta, Y., Irmawati, Y. & Larasati, P. (2020). The Resilience of Recovered
Covid-19 Patients. International Conference of Psychology, Vol. 2020, KnE
Social Sciences, pages 386–392. DOI 10.18502/kss.v4i15.8227
PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
ISSN: 2715-7121
September 16, 2020, Hal. 1-7
September 16, 2020
Desa, A., Kadir, N. B. A. & Yusooff, F. (2012). Environmental awareness and
education: A key approach to solid waste management (SWM) – A case study of a
University in Malaysia. In L. F. M. Rebellon (Eds.). Waste management – An
integrated vision, pp. 101-112. IntechOpen. https://doi.org/10.5772/48169.
Fatisa, Y. & Kurniawati, Y. (2017). Potensi Mikroorganisme Tanah Sebagai
Mikroorganisme Pengurai Limbah Plastik Pada Tanah Gambut Sebagai Sumber
Belajar Materi Polimer SMA. Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 1(1), 105.
DOI: 10.24014/konfigurasi.v1i1.4063.
Fonlem, C.T., Verdugo, V.C., Sing, B.F. & Ramos, M.F.D. (2013). Assessing
Sustainable Behavior and its Correlates: A Measure of Pro-Ecological, Frugal,
Altruistic and Equitable Actions. Sustainability, 5, 711-723.
DOI:10.3390/su5020711.
Hidayati, N., Taruna, T. & Purnaweni, H. (2013). Mengimplementasikan Program
Adiwiyata: Studi di SMK Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional
Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 149-154.
Indriatmoko, R. H. & Rahardjo, N. (2015). Kajian Pendahuluan Sistem Pemanfaatan
Air Hujan. Jurnal Air Indonesia, 8(1).
Karak, T., Baghat, R. & Bhattacharyya, P. (2012). Municipal solid waste generation,
composition, and management: The world scenario. Critical Reviews in
Environmetal Science and Technology, 42(15), 1509-1630.
https://doi.org/10.1080/10643389.2011.569871.
Khafid, S. (2019). People of Mandalika Lombok recieve waste managenent training.
Retrieved from https://en.tempo.co/read/1181146/people-of-mandalika-lombokreceive-
waste-management-training.
Lestari, E. & Pamuji, B. (2018). Perencanaan Teknologi Pemanenan Air Hujan Sebagai
Sumber Air Bersih pada Masjid Agung Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal
Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 1(2).
DOI: 10.24912/jmstkik.v1i2.988.
Lickona, T. (2013). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat
Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta:
Bumi Aksara.
Lusnita N. (2019). Program Pengurangan Sampah Plastik Melalui Kebijakan
KantongPlastik Berbayar di Ritel Modern. Journal of Servite, Vol. 1, No.1, p 012
– 024. ISSN: 2714-5220 (cetak). Retrieved from
http://journal.lspr.edu/index.php/servite/index.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
ISSN: 2715-7121
September 16, 2020, Hal. 1-7
September 16, 2020
Moreira, P.A.S., Sofia Ramalho, S. & Inman, R.A. (2020). The
Engagement/Disengagement in Sustainable Development Inventory (EDiSDI):
Psychometric Properties and Validity-Based Studies. European Journal of
Psychological Assessment. http://dx.doi.org/10.1027/1015-5759/.
Nefilinda, Suryani, A. I., Rianto, S. & Zuriyani, E. (2020). Sosialisasi Mitigasi Bencana
Banjir Melalui Penanaman Pohon di Kenagarian Sungai Durian Kabupaten
Padang Pariaman. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, Vol. 7, No. 1.
Putri, S.U. & Nikawanti, G. (2017). Pengenalan Green Behavior melalui Ecoliteracy
Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 8, No. 2.
Rofil & Maryono. (2017). Potensi dan Multifungsi Rainwater Harvesting (Pemanenan
Air Hujan) di Sekolah bagi Infrastruktur Perkotaan. Proceeding Biology
Education Conference, Vol. 14 (1), 247-251. p-ISSN:2528-5742.
Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang:
Universitas Katolik Soegijapranata.
Sari, R.P. (2019). Wawasan Kebersihan Lingkungan & Keberagamaan; Praktik
Kebersihan Lingkungan pada Civitas Akademika UIN Imam Bonjol Padang.
Indonesian Journal of Religion and Society, Vol. 1 (1), 80-92.
Sya’ban, M. A. (2017). Tinjauan Mata Pelajaran IPS SMP Pada Penerapan Pendidikan
Lingkungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan. Jurnal
Hukum & Pembangunan, 18(6), 550.
https://doi.org/10.21143/jhp.vol18.no6.1285.
Societatis, L. (2016). Kajian Hukum Dampak Pemanasan Global Ditinjau dari Hukum
Lingkungan Internasional. ISSN: 2337-9758. Retrieved from
https://www.mendeley.com/catalogue/410efe88-0236-36f2-88b4-344f53fffa74/.
Accessed in 16/01/2021, 22:47.
Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Sikap
Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal
Pendidikan Geografi, Vol. 16, No. 1, pp. 44-55.
Verdugo, V. C. (2012). The Positive Psychology of Sustainability. Environment,
Development and Sustainability A Multidisciplinary Approach to the Theory and
Practice of Sustainable Development. DOI 10.1007/s10668-012-9346-8.
World Health Organization. (2019). Coronavirus. Retrieved from World Health
Organization: Retrieved from https://www.who.int/healthtopics/coronavirus.
Widiyani, R. (2020). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini.
Retrieved from detikNews: https://news.detik.com/berita/d4943950/latarbelakang-
virus-coronaperkembangan-hingga-isu-terkini.
Zhao, H., Zhang, H., Xu, Y., Lu, J. & He, W. (2018). Relation Between Awe and
Environmentalism: The Role of Social Dominance Orientation. Original Research.
DOI: 10.3389/fpsyg.2018.02367.
Refbacks
- There are currently no refbacks.